PBM Tatap Muka secara Normal Dimulai di Tahun Ajaran Baru

11
ilustrasi PBM tatap muka. (IST)

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Agam bakal membagikan masker gratis kepada seluruh sekolah tingkat SD dan SMP tersebar di daerah itu. Hal ini salah satu bentuk kesiapan daerah jelang dimulainya belajar tatap muka tahun ajaran 2021/2022 di tengah pandemi.

”Tahun ajaran baru 2021/2022, Kabupaten Agam akan memulai pembelajaran tatap muka secara normal. Menyusul proses belajar-mengajar masih di tengah pandemi, maka para warga sekolah perlu difasilitasi masker,” kata Sekretaris Disdikbud Agam, Syahrial.

Dijelaskannya, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Agam telah menyediakan sebanyak 25 ribu pics masker dan akan dibagikan ke seluruh sekolah SD dan SMP di Agam. Masker ini sudah akan diterima sekolah sebelum PBM tahun ajaran baru dimulai.

Terkait pendistribusian, katanya, akan disesuaikan dengan jumlah siswa di setiap sekolah. Namun sekaitan jumlah siswa yang cukup banyak, maka teknis pembagian masker dilakukan dengan jumlah tidak merata.

Untuk sekolah yang berada di pusat keramaian akan diberikan dua pics per siswa, karena rawan akan penyebaran Covid-19. Namun, bagi sekolah yang jauh dari keramaian diproyeksikan satu pics per siswa.

Baca Juga:  KIP Apresiasi Inovasi Keterbukaan Informasi Publik UNP

”Masker akan dibagikan melalui Koordinator Unit Kecamatan (KUK), kemudian diteruskan ke sekolah di wilayah kerjanya masing-masing, baik tingkat SD maupun SMP. Selain masker, setiap sekolah juga telah dilengkapi dengan tempat cuci tangan,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga akan memastikan kembali kesiapan sekolah, guru dan siswa, supaya proses belajar tatap muka dapat berlangsung aman di masa pandemi Covid-19. Sebab pandemi ini bisa berdampak buruk, apabila tidak dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Tenaga guru misalnya, bisa saja akan dilakukan vaksinasi terlebih dahulu. “Intinya kami akan upayakan bagaiamana PBM tatap muka secara normal berjalan dengan baik. Meski harus dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” pungkasnya. (p)

Previous articleVaksin Covid-19 Menipis
Next articleIbra Lupa Anthem, Lingard Meliuk-liuk