Pemko Pariaman Siap Sambut Wakil Presiden

Wali Kota Pariaman Genius Umar bersama Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Arief Gajah Mada mengecek persiapan penyambutan Wapres RI Ma’ruf Amin di Pariaman, kemarin (4/4). (IST)

Jelang kedatangan Wakil Presiden Ma’ruf Amin guna meresmikan Pasar Rakyat ke Kota Pariaman yang dijadwalkan besok (6/4), sejumlah persiapan terus dimatangkan. Sampai kemarin (4/4), persiapan sudah mencapai 90 persen.

Wali Kota Pariaman Genius Umar menyebut, kunjungan wapres ke Pariaman semakin memotivasinya dan warga Kota Pariaman untuk terus melakukan pembangunan di kota tersebut. Warga Kota Pariaman, sebut Genius, sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah membangun Pasar Rakyat Kota Pariaman menelan anggaran kurang lebih Rp 100 miliar.

Jika pembangunan Pasar Pariaman dibangun menggunakan APBD Kota Pariaman dengan keterbatasan APBD, Kota Pariaman hanya sanggup menganggarkan Rp 5 miliar per tahun.

”Berarti Pasar Pariaman baru akan selesai dalam jangka waktu 20 tahun. Inilah yang kami syukuri atas bantuan pemerintah pusat Kota Pariaman memiliki pasar modern dengan fasilitas lengkap,” ujarnya.

Padahal, kondisi pasar itu dua tahun lalu sudah sangat tidak layak bahkan membahayakan pedagang dan pengunjung, karena bangunannya mengalami rusak berat pascagempa 2009 lalu.

Hingga kemarin (4/4), persiapan yang dilakukan dengan penempatan tenda dan podium utama di depan Pasar Rakyat Pariaman hingga persiapan di Pantai Kata. Nantinya Pantai Kata menjadi lokasi untuk penanaman pohon pinago sebagai bentuk antisipasi, karena Pariaman berada di wilayah rawan gempa dan tsunami. Termasuk, persiapan pencanangan vaksinasi lansia di Puskesmas Kuraitaji, Pariaman Selatan.

Genius juga menerima kunjungan Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Arief Gajah Mada dan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah yang memantau kesiapan Pariaman dalam peresmian pasar nanti. Semula peresmian pasar dijadwalkan dihadiri Presiden Jokowi.

Baca Juga:  Didukung Banyak Pihak, Rabani Sport Centre Diresmikan Gubernur Sumbar

Hal ini tak lepas dari kegigihan Genius yang mengirim surat langsung Presiden RI. Kemudian, dibalas oleh Mensekneg dengan jawaban bahwa kunjungan akan dilakukan oleh Presiden RI pada tanggal 31 Maret 2021.

Namun, kemudian hal tersebut tertunda disebabkan kesibukan Presiden RI, dan sekarang sebagai gantinya peresmian dilakukan Wapres RI Ma’ruf Amin. ”Ini adalah satu hal yang luar biasa bagi Kota Pariaman, bisa dikunjungi oleh Wakil Presiden untuk meresmikan PRKP yang pembangunannya didanai oleh APBN,” ujarnya.

Pihaknya juga bersyukur pemindahan pedagang dari pasar penampungan ke pasar baru berjalan lancar berkat bantuan dari unsur forkopimda. ”Alhamdulillah, ekonomi pedagang mulai mengalami peningkatan sejak pindah berjualan ke pasar baru ini,” tambah Genius.

Untuk persiapan penyambutan, Genius meminta Camat Pariaman Selatan dan Camat Pariaman Tengah untuk memasang marawa sepanjang jalan melibatkan desa masing-masing, agar terlihat lebih semarak lagi penyambutannya.

”Saya harapkan dengan adanya kunjungan ini, memberikan motivasi besar kepada masyarakat Kota Pariaman dan juga pemerintah daerah, untuk membangun daerah ini selanjutnya,” ujarnya.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, mengapresiasi langkah kerja cepat Wako Pariaman Genius Umar. Apa yang dilakukan Genius ini mampu kembali menggeliatkan ekonomi masyarakat Pariaman.

Sementara itu, Dandim 0308 Pariaman Letkol Czi Titan Jatmiko menyebut, pihaknya siap memberikan pengamanan dan menyambut kehadiran wapres RI di Kota Pariaman. Persiapan pengamanan sudah dilakukan sesuai arahan Danrem, sehingga ia optimistis penyambutan wapres berjalan lancar. (nia)

Previous articleMengungkit Perekonomian Sumbar Berbasis Pertanian
Next articleBisa Rugi sampai Triliunan, Berharap Kaji Ulang Larangan Mudik