UPTD SMPN 2 Kecamatan Mungka Oke Pramuka, Oke Vaksinnya !

20
KOMPAK: Tim pramuka UPTD SMPN 2 Kecamatan Mungka.(IST)

Siang ini tim Laman Guru Padang Ekspres berkunjung ke Mungka. Sekolah yang kita tuju berada di Kecamatan Mungka. Sekolah ini sedang giat-giatnya melaksanakan kegiatan pramuka. Inilah UPTD SMPN 2 Kecamatan Mungka. Kami disambut dengan ramah oleh Bu Elfia Maiza, S. Pd. Sang kepsek.

Kegiatan pramuka kami jadikan sebagai bentuk kegiatan ekstrakurikuler wajib dan pilihan, kata Bu El, panggilan akrabnya sehari-hari. Tujuannya , penguatan karakter siswa.

Sebab melalui kegiatan pramuka, banyak sekali nilai-nilai baik yang dapat dipetik bagi siswa yang mengikutinya. Nilai dan sikap yang diharapkan tumbuh dan dimiliki siswa melalui kegiatan pramukaan antara lain, mandiri, disiplin, tanggungjawab, kreatif dan berbagai sikap baik lainnya.

Selain kegiatan rutin setiap minggunya, sesekali siswa diajak mengikuti perkemahan, ucap Bu El. Seperti yang sedang dilaksanakan baru-baru ini.

“Kami kemaren ini mengadakan kegiatan Perjusami (Perkemahan Jumat, Sabtu, dan Minggu). Tujuannya ,agar siswa semakin terlatih dan mandiri. Juga meningkatkan motivasi siswa,” katanya.

Kegiatan diadakan di sekitar pekarangan sekolah saja agar mudah memantau setiap kegiatan yang diadakan siswa. Kegiatan ini diikuti 107 peserta didik dari kelas VII sampai dengan VIII dan IX. Sedangkan untuk pembinanya terdiri 23 orang.

“Kami melibatkan semua PTK yang ada di UPTD SMP Negeri 2 Kecamatan Mungka, mulai dari tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan, baik honor maupun PNS,” tukuk Bu El.

Alhamdulillah kegiatan perjusami ini berjalan dengan lancar dan sukses mulai dari awal pendirian tenda pukul 15.00 WIB dan upacara pembukaan setelah sholat ashar dengan Pembina Bapak Khairil Azwar, S.Pd sebagai wakil ketua kwaran Kecamatan Mungka.

Pada Jumat malam itu diadakan sholat Jemaah, tadarus, dan kegiatan muhasabah oleh Ustadz Kamrizal, S.Ag dari Kota Payakumbuh sampai pukul 23.00 WIB.

Banyak lagi acara–acara yang dilaksanakan selama Perjusami, di antaranya shalat berjamaah dan kultum setiap waktu sholat masuk, senam pagi, lomba mendirikan tenda, K5, lomba memasak, PBB, penampilan bakat, hiking, Api Unggun.

Baca Juga:  Unand dan UNP Gelar UTBK Gelombang I

Upacara penutupan Perjusami dilaksanakan Ahad 20 Februari 2022 jam 11.00 WIB, setelah itu pengumuman pemenang- pemenang lomba yang diadakan selama Perjusami.

“Sebelum pulang kami mewawancarai dua siswa, Fahlan Febrian yang menduduki kelas 8 dan Nur Ahmad Febianto kelas 9, menurut mereka dengan adanya Perjusami ini bisa menciptakan kerjasama yang baik, bisa hidup mandiri serta bisa hidup disiplin. Perjusami ini sangat menyenangkan bagi siswa–siswa,” tutur Buk Kepsek.

“Acara demi acara dilalui dengan semangat dan penuh antusias, karena sudah lebih dari 2 tahun saya menjadi kepala sekolah di SMP ini baru kali ini kami mengadakan perkemahan. Sudah lebih dari 2 tahun kita berada dalam pandemi covid-19, selama ini pulalah kegiatan ekstrakuriukuler kami terhenti. Mulai tahun ajaran 2021-2022 kami sudah belajar tatap muka karena siswa dan guru sudah vaksinasi sebanyak 98 persen, mulai tahun ajaran ini kami sudah mulai kembali untuk kegiatan ekstrakurikuler pramuka,” ujarnya.

Wow, sekolah ini benar-benar oke gerakan pramukanya dan oke pula vaksinnya yang hampir 100 persen. “Selama pandemi kami merasakan sangat menurunnya karakter dari peserta didik, karena itulah kami sangat ingin sekali untuk memperbaiki karakter dari anak-anak. Pramuka adalah salah satu wadah untuk membentuk karakter yang lebih baik dan berakhlak mulia,” katanya.

Sebagai penggung jawab kegiatan Perjusami ini adalah kepala UPTD SMP Negeri 2 Kecamatan Mungka yaitu ibuk Elfia Maiza, S.Pd.

Ketua pelaksana bapak Ismet S.Pd, wakil ketua ibuk Tesi Eka Putri, S.Pd, sekretaris Ibuk melisa Lestari, S.Pd, bendahara Bapak Willy Prima Eldi, S.Pd, koordinator kegiatan ibuk Inda Gustia, S.Pd, humas ibuk Hukrima Welni, dan banyak lagi Bapak dan Ibuk guru kami yang menjadi seksi-seksi dalam acara ini seperti seksi acara, seksi konsumsi, seksi perlengkapan , keamanan, olah raga dan kesenian, selain itu pegawai tata usaha juga terlibat dalam kepanitiaan. (*)