ANTARA SMPN 1 LAREH-SMP1 HARAU, Prestasinya Sama-Sama Nomor Satu !

10
Osnely Jasmi MPd

Sekolah ini dikenal dengan sekolah gudang prestasi. Prestasinya banyak. Mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, bahkan tingkat nasional; mereka raih.

Apa kuncinya? Kok sekolah ini kaya amat dengan piala-piala keberhasilannya?
Adalah Buk Osnely Jasmi MPd. Buk Os kepala SMP Negeri 1 Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota. Memang, Buk Os belum lama menjadi kepala di sekolah yang rindang dan penuh dengan bunga.

“Baru satu minggu. Sebelumnya, kami kepala SMP Negeri 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban,” ujar Buk Os yang suka menulis cerpen, puisi dan artikel.

Olala, SMP Negeri 1 Lareh itu sekolah kaya prestasi juga. Kata, Buk Os, sekolah ini pernah meraih Juara III Tingkat Nasional bidang IPS dalam Lomba Penelitian Siswa Nasional.

Lomba ini diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2021. Selain itu, SMP Negeri 1 Lareh Juara I FL2SN tingkat kabupaten bidang musik tradisi.

Lalu, Juara 2 Gitar Solo tingkat kabupaten yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota, tahun silam. Malah, siswa SMPN 1 Lareh meraih medali emas pada Porprov di cabang senam.

Baca Juga:  HUT ke-20, SMAN 2 Tilatang Kamang Gelar Lomba Lari 5K dan 10K

“Pengembangan otak kanan itu penting. Kalau melulu berprestasi di otak kiri maka keseimbangan kreativitas menjadi pincang. Yang kita capai adalah bagaimana mengharmonisasi antara otak kiri dan otak kanan. Antara prestasi akademis dan prestasi nonakademis,” ujar Buk Os seraya menambahkan, siswanya di SMPN 1 Lareh Juara I Kompetisi Siswa Nasional (KSN) bidang IPS, tahun lalu.

Kata Buk Os, disamping berprestasi bidang akademik dan nonakademik, juga ada pengembangan dalam kegiatan keagamaan.

“Kita gelar tahfizul Quran. Kita sudah melaksanakan wisuda tahfiz. Bagaimanapun juga, adab lebih tinggi dari ilmu,” kata Buk Os yang sangat berdisplin.(Kiriman; KGM-LG Limapuluh Kota)