Keseriusan Guru di Limapuluh Kota, Tiga Kecamatan Sharing Ilmu Via Tulisan

9
SHARING ILMU: Tim Padang Ekspres ketika berbagi ilmu dengan para guru-guru di Limapuluh Kota.(IST)

Acungan jempol pantas diberikan. Semangat para guru-guru di Limapuluh Kota ingin terampil dalam membuat tulisan. Bahkan mereka tak segan-segan. Mengundang tim Padang Ekspres untuk berbagi ilmu. Terutama dalam membangun literasi.

Guru-guru di Kecamatan Suliki, Gunuang Omeh dan Bukik Barisan, ingin berbagi ilmu dan pengetahuan lewat tulisan. Hal itu menjadi salah satu intisari silaturahmi para guru di tiga kecamatan di Limapuluh Kota dengan Padang Ekspres, Rabu (23/2).

“Kita memang guru yang mengajarkan banyak anak untuk menulis dan membaca, hanya saja untuk merangkai peristiwa dan menuliskan berita, belum semua guru bisa. Kita sangat apresiasi dengan Padang Ekspres yang saat ini bergerak kembali berkontribusi untuk dunia pendidikan,” ucap salah seorang Kepala Sekolah SD di Kecamatan Suliki, Joni Apriandi, kemarin.

Tenaga pendidik dari Tiga kecamatan di sudut Limapuluh Kota ini, sepakat menulis merupakan salah satu cara transfer dan berbagi, pengalaman, pengetahuan dan ilmu secara luas. Jika guru cerdas tentu saja anak didik akan kian berkualitas.

“Salah satunya memang lewat menulis dan membaca, seperti buku dan koran,” ucap Kepala Sekolah, Risni yang juga telah memfasilitasi silaturahmi Padang Ekspres dengan sekolah-sekolah di Tiga Kecamatan tersebut, kemarin.

Banyak hal yang menarik bagi para guru soal kehadiran media massa, terutama Padang Ekspres dengan rubrik “Laman Guru” yang disediakan Koran Pagi Harian Padang Ekspres sebagai wadah menulis bagi para guru dan siswa. Menulis artikel, berita dengan muatan prestasi hingga karya sastra yang ingin di publish.

Baca Juga:  Unand dan UNP Gelar UTBK Gelombang I

Memberikan motivasi bagi para guru untuk ambil bagian dalam dunia informasi, Manajer Umum dan SDM Padang Ekspres, Sukri Umar menyampaikan sejumlah poin penting yang bisa dipetik bagi dunia pendidikan.

Mulai dari pentingnya informasi bagi pengambil kebijakan, kesempatan menyampaikan informasi yang lebih luas melalui sarana yang terpercaya dengan perusahaan pers yang profesional.

“Tenaga pendidik akan mampu mengadopsi sejumlah manfaat melalui media massa yang profesional. Bagaimana melakukan antisipasi terhadap berita hoax. Namun yang paling penting, tentunya bagaimana menampilkan ekstensi guru, berbagi pengetahuan dan menciptakan peserta didik berkualitas,” ucap Sukri Umar didampingi Manajer Sirkulasi dan EO, Dicky Junaedi.

Para guru dan Kepala Sekolah di Tiga kecamatan tersebut, terlihat sangat antusias dan berharap layanan antar koran tepat waktu. “Semoga kedepan, bagi guru yang ingin menulis dan menerbitkan informasi sekolah bisa difasilitasi.

“Silahkan Bapak Ibu kirimkan bahan tulisan melalui perwakilan yang sudah ada di Komunitas Guru Penulis atau langsung melalui koresponden Padang Ekspres Limapuluh Kota, Arfidel Ilham. Sebab selain ada space Laman Guru yang akan menampung karya Bapak Ibu, informasi-informasi penting layak publikasi juga akan difasilitasi untuk dimuat,” tutup Sukri Umar. (fdl)