Tamatkan Pendidikan, Sebanyak 59 Siswa MTsS Lubukkilangan Dilepas

21

Siswa MTsS Luki yang dilepas setelah menamatkan pendidikan di sekolah binaan PT Semen Padang.

Sebanyak 59 siswa Kelas IX MTsS Lubukkilangan Padang, dilepas dalam acara kelulusan di GSG Semen Padang, Selasa (21/6/2022).

Hadir pada acara pelepasan anak didik sekolah binaan PT Semen Padang itu Kakan Kemenag Padang H Edy Oktafiandi, Pengawas Madrasah, Syafrullah dan Zulkifli, Kepala Unit CSR PT Semen Padang Rinold Thamrin, pimpinan sekolah lainnya, pengurus Komite, wali murid Kelas IX serta tamu undangan.

Kepala MTsS Lubukkilangan, Zulmaidi menyampaikan, pelepasan tahun ajaran 2021/2022 adalah pelepasan angkatan yang ketiga sejak MTsS Lubukkilangan berdiri. Total siswa yang dilepas 59 siswa terdiri atas 31 siswa dan 28 siswi.

Alhamdulillah ini adalah lulusan angkatan ke-3 dengan kelulusan 100%,” kata Zulmaidi pada acara bertema People Come And Go, But The Memories Stay Forever.

Istimewanya acara ini melibatkan 60 siswa kelas VII dan VIII, yang mengisi tari dan menyanyi. MC menggunakan 3 bahasa yakni Arab, Inggris dan Indonesia.

“Sebagai kado di akhir tahun pelajaran ini salah seorang siswi kami, Kuntum Khaira Ummah lulus seleksi Jambore Nasional Pramuka dan akan berlaga di Cibubur pada Agustus 2022,” kata Zulmaidi, Sabtu (25/6/2022).

Terus Berinovasi
Edy Oktafiandi dalam sambutannya mengharapkan semua pendidik dan tenaga Kependidikan  MTsS Lubukkilangan agar terus berinovasi dan lakukan yang terbaik.

“Jadilah yang terbaik. ‘Do the best and be the best‘. Hal ini menjadi sangat penting dalam memajukan dan mengembangkan Madrasah ke depan agar tetap mendapat kepercayaan dan jadi pilihan masyarakat,” katanya.

Ia berharap kepada peserta didik kelas IX agar dapat menjadi generasi penerus bukan penjerumus, artinya semua ilmu yang sudah didapatkan agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya serta jangan pernah bosan untuk menuntut ilmu sebagaimana Hadist Nabi, siapa yang ingin sukses dan bahagia di dunia maupun akhirat harus dengan ilmu.

Kakan Kemenag menyampaikan tiga hal yang perlu dibina dan dijaga untuk bekerja sama dengan baik yaitu, pertama orang tua harus memberikan amanah sepenuhnya untuk guru dalam mendidik anak-anak di Madrasah.

Baca Juga:  Inilah 6 Medali yang Diraih Merpati Putih Semen Padang di Sibolga

Kedua, guru harus memperbaiki niat yang ikhlas dalam mentransfer ilmu terhadap peserta didik. Ketiga, peserta didik harus didukung dengan niat yang ikhlas dari dirinya sendiri dalam belajar untuk mendapatkan ilmu yang diberikan guru.

Gerakan Literasi
Tahun ini, MTsS Luki dinobatkan sebagai penggiat literasi terproduktif dalam menulis buku dan satu-satunya madrasah di Sumatera Barat dengan 100% gurunya menulis buku ber-ISBN. Dan keistimewaan pelepasan tahun ini, seluruh siswa Kelas IX yang tamat menulis dan menerbitkan buku Antologi Tentang Cinta dan Persahabatan.

Pada acara pelepasan siswa itu juga diserahkan karya tulis sebanyak 20 Dewan Guru MTsS Lubukkilangan kepada Kakan Kementerian Agama Padang. Karya tulis itu sebagai gerakan literasi di sekolah.

Dua puluh tenaga pendidik tersebut; Zulmaidi dengan karya berjudul Mengenal Lebih Dekat Waqaf dan Infak. Helfi Busra berjudul Kupas Tuntas Materi Fiqih Kelas VII dan Gerimis Senja. Kardinal berjudul Perancangan Sistem Informasi Teori dan Implementasi Berbasis Web. Welmi Fonni Desrizal berjudul Belajar Matematika Yang Menyenangkan.

Welda Elfayeni berjudul Perjalanan Cinta Guru Sejuta Aksara. Siti Aisyah berjudul Puzzle Cinta Sang Bunda. Miswarni berjudul Sebening Mutiara di Dasar Hati. Mutiara Zahrati berjudul Resep Cemilan Olahan Ubi, Indra Saputra berjudul Kumpulan Hadits Tingkat SMP/MTs.

Mailida Irnis berjudul Closer To English (For Sevent Grade Students Of Junior High School). Riri Noviyanti berjudul Ketika Hidup Berkata. Risa Mailisa berjudul Kreasi Tari Selendang. Arni Rama Yanti berjudul Tak Semanis Secangkir Kopi. Lima belas, Miftahul Jannah berjudul Mendidik Cinta Mendadak Jodoh.

Ria Handayani berjudul Cerdas Belajar IPA Kelas VIII. Sonia Febrica berjudul Mari Mengenal Mukjizat 25 Nabi dan Rasul Allah SWT. Ridho Syarief berjudul Kenal Bahasa Arab 1. Yuliany berjudul Mahir Pencak Silat Dasar. Trisno Zal Afandi judul Modul Pembelajaran IPA Semester 2 Kelas VII.(*)