Kebakaran Hanguskan Satu Rumah Warga di Desa Sotboyak

35

Satu unit rumah milik Ismail, 60, warga Desa Sotboyak, Kecamatan Siberut Utara, Kabupaten Mentawai, Senin (11/01/2021) hangus dilalap si jago merah. Beruntung, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 11.35 tersebut, tidak ada menimbulkan korban jiwa.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kepulauan Mentawai, Amir Ahmari mengatakan, belum diketahui penyebab kebakaran rumah semi permanen tersebut. Warga dengan peralatan seadanya mencoba memadamkan api.

“Karena api sudah cepat membesar, upaya warga untuk memadamkan api hanya menjadi sia-sia. Untuk kerugian, diperkirakan mencapai Rp 500 juta,” ungkapnya.

Dia mengatakan, kebakaran tersebut, terjadi tiba-tiba dan begitu cepat, sehingga, melalap habis bangunan rumah. Saat ini, pemilik rumah dan keluarga terpaksa menumpang di rumah tetangga terdekat.

Hingga saat ini, kata dia, pemerintah belum bisa meninjau lokasi kebakaran. Hal ini disebabkan kondisi geografis daerah Kepulauan Mentawai yang berbeda dengan daerah daratan.

“Begitu juga dengan akses telekomunikasi di desa tersebut, masih sulit diakses. Kita juga agak kesulitan untuk mengakses informasi di kawasan tersebut,” katanya. (rif)