Wisata Sawah Pauh Timur Pariaman, Sensasi Berjalan di Hamparan Padi

4
PENGUNJUNG saat berfoto dengan latar belakang hamparan sawah.(IST)

Zaman kini sawah tak hanya untuk menanam padi. Di Desa Pauh Timur, Kota Pariaman, areal persawahan dijadikan objek wisata yang punya daya tarik tersendiri. Seperti apa

Pemko Pariaman seperti tak pernah kehabisan ide untuk melahirkan objek wisata yang memiliki daya tarik kuat bagi wisatawan. Seolah tak puas dengan wisata pantai dan pulau, kali ini Kota Pariaman mengembangkan destinasi wisata baru.

Objek wisata sawah. Persis berada di tengah sawah berlokasi di Dusun Kampungsato, Desa Pauh Timur, Kecamatan Pariaman Tengah. Menghadirkan alternatif berwisata baru bagi wisatawan.

Ketika tiba di lokasi, pengunjung akan langsung melihat jembatan kayu yang didesain sedemikian rupa menyerupai bentuk bintang di tengah-tengah sawah. Di sana pengunjung bisa merasakan sensasi berjalan di atas hamparan padi di sawah.

Tak kalah cantik, jembatan nan artistik tersebut sangat cocok dijadikan sebagai salah satu spot yang sangat instagramable. Pengunjung tak perlu khawatir akan kepanasan. Di objek wisata tersebut tersedia dua gazebo yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berteduh dan beristirahat. Gazebo tersebut bisa menampung 10 orang.

Di sana pengunung juga bisa meminjam tuduang atau topi anyaman yang digunakan oleh petani ketika beraktivitas sehari-hari di sawah. Tuduang tersebut bisa dipinjam oleh setiap pengunjung tanpa biaya atau gratis. Lokasi objek wisata sawah juga sangat cocok bagi fotographer maupun pilot drone. Objek wisata sawah akan sangat indah jika dilihat atau difoto dari ketinggian.

Pemandangan luar biasa akan disuguhkan jika pengunjung datang ke objek wisata sawah pada malam hari karena akan terlihat lampu dengan cahaya yang berwarna-warni.
Saat ini, objek wisata sawah dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Bagi pengunjung yang ingin menikmati minuman kopi dan jahe hangat, bisa mendatangi warung yang berada di sekitar objek wisata sawah. Untuk bisa menikmati segala keindahan di objek wisata sawah, pengunjung hanya cukup membayar Rp 5 ribu per orang saja. Biaya itu sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Salah satu pengunjung, Wahyu Hafizah, 20, mengatakan, pertama kali mengetahui objek wisata sawah di Pauh Pariaman yaitu dari status Whatssap (WA) temannya. karena penasaran, dirinya kemudian memutuskan untuk pergi ke sana. Kesan pertama yang dirasakan dirinya adalah objek wisata sawah memiliki daya tarik tersendiri terutama untuk berfoto-foto.

“Di sana banyak spot untuk berfoto. Apalagi dengan suasana damai khas pedesaan, suasana di sana jadi semakin nyaman,” jelasnya.

Wanita yang akrab disapa Ayu itu melanjutkan, hal yang paling menarik dari objek wisata sawah yaitu ketika momen matahari tenggelam. “Jadi di sana kita bisa melihat pemandangan matahari tenggelam sehingga bisa dijadikan latar untuk berfoto,” ungkapnya.

Kemudian, ketika malam hari suasana di objek wisata sawah semakin indah dengan adanya lampu hias yang berwarna-warni. “Jadi objek wisata sawah ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh semua orang yang ingin merasakan sensasi berbeda liburan di tengah sawah. (*)