Arus Pendek, Tiga Rumah Ludes Terbakar

5
Kobaran api menghanguskan tiga unit rumah di Pasaman Barat. Pemadaman api ikut dibantu warga dan Babinsa wilayah Kecamatan Lembahmelintang Koramil 06/UG dan Kodim 0305/Pasaman. (IST)

Tiga unit rumah di Jorong Pasar Lama, Nagari Ujunggading, Kecamatan Lembahmelintang, Kabupaten Pasaman Barat, ludes terbakar Minggu (25/4) sekitar pukul 19.30. Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, namun kerugian materi ditaksir lebih dari Rp 1 miliar.

Informasi yang dihimpun, kebakaran disebabkan arus pendek listrik dari salah satu rumah warga. Kejadian membuat puluhan warga sekitar kaget dan panik. Saat itu masyarakat juga bersiap-siap hendak melaksanakan Shalat Tarawih ke masjid.

Masyarakat juga ikut membantu proses pemadaman api. Bahkan salah satu bagian rumah warga di sekitar lokasi harus dibongkar untuk memudahkan pemadam kebakaran melakukan proses pemadaman api. Pembongkaran itu juga bertujuan menghindari meluasnya api ke rumah-rumah warga lain yang jaraknya memang rapat.

Data dari pihak kecamatan setempat, nama-nama pemilik rumah yang menjadi korban yakni Basroh, 63, seorang petani dengan kondisi rumah habis terbakar hingga diperkirakan menanggung kerugian sebesar Rp 400 juta.

Kemudian Gufri, 60, pekerjaan tukang ojek dengan kondisi rumah habis terbakar hingga mengalami kerugian sekitar Rp 500 juta. Selanjutnya itu, Amrin, 61, pensiunan PNS dengan kondisi rumah habis terbakar. Ia mengalami kerugian mencapai Rp 700 juta.

Sementara itu, Yasri, 65, seorang petani juga mengalami kerugian sekitar Rp 50 juta karena rumahnya harus dibongkar untuk proses pemadaman serta mencegah agar api tidak menjalar lebih luas.

Baca Juga:  Innova Dihantam KA, 3 Orang Luka-luka

Saksi mata di lokasi kejadian mengatakan, ada 4 unit mobil pemadaman berjibaku memadamkan api saat itu. “Alhamdulillah api bisa dikendalikan dan dipadamkan oleh mobil pemadam,” terang Denika salah seorang warga di lokasi kejadian.

Menurutnya, saat itu petugas Damkar bersama warga setempat dibantu seluruh Babinsa wilayah Kecamatan Lembah Melintang Koramil 06/UG, Kodim 0305/Pasaman bersama Forkopinca Lembah Melintang, bahu membahu berusaha memadamkan api hingga akhirnya api berhasil dipadamkan hingga proses pendinginan.

Sementara menurut Camat Lembahmelintang, Afwan, kebakaran dimulai dari rumah Gufri, yang berada di tengah-tengah rumah lainnya, ditambah lagi bahan bangunan rumah banyak menggunakan kayu dan papan.

Sehingga api cepat membakar dan menjalar ke samping kanan dan kiri. Kobaran api yang semakin membesar ikut rumah tetangga Gufri yakni Amrin dan Busroh. “Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran ini,” ujarnya.

Pihaknya juga sudah melakukan pendataan para korban dan total kerugian. Saat ini mondisi para korban yang rumahnya habis terbakar tinggal sementara waktu menumpang di rumah tetangga dan keluarga terdekat. (roy)

Previous articleDiduga Timbulkan Kerugian Negara, OPD Jalani Sidang MP TPTGR
Next articleResso Family Package, Ini Cara Menikmati Musik Bersama Keluarga