BPN Sumbar Serahkan Sertifikat Tanah kepada Pemko Pariaman

54
Pj Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Ahmad Zakri menerima sertifikat tanah yang diserahkan oleh BPN Sumbar. (Diskominfo Pariaman)

PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar bekerjasama dengan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sumatera Barat menyerahkan sertifikat tanah kepada Pemko Pariaman yang diterima oleh Pj Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Ahmad Zakri, didampingi Inspektur Kota Pariaman, Yota Balad, di Hotel Grand Zuri, Selasa (24/11/2020).

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang juga hadir, mengatakan, mengapresiasi PLN dan BPN Sumbar yang telah menyerahkan sertifikat tanah tersebut.

“Atas nama Pemprov Sumbar, saya ucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT PLN bersama BPN. Karena dengan hadirnya kerjasama antara KPK, Kementerian ATR BPN, Pemda dan PLN memberikan suatu kemudahan kepada kita untuk melakukan tertib penatausahaan keuangan daerah,” ungkap Irwan.

Karena, sambung Irwan, hal ini berdampak untuk kepentingan kinerja masing-masing di lembaga yang mengelola dana publik, dana negara, juga untuk kepentingan opini BPK. “Karena dengan sertifikasi ini menjadi legalitas bagi kita semua, baik itu Pemda maupun PLN yang mampu memberikan legitimasi untuk kita,” kata Gubernur.

Baca Juga:  Genius Sampaikan 5 Pembangunan Mendesak

Gubernur, mengakui, ada beberapa kendala yang terjadi di Sumatera Barat, yang terkait dengan lahan, tanah, dan ini menunjukkan lemahnya tata kelola dikarenakan kondisi kepemilikan tanah secara ulayat turun temurun sejak dahulunya.

“Mudah-mudahan dengan adanya semangat dan kebijakan dari Menteri ATR BPN, Pak Syofyan, kita sambut baik, yang dulu terabaikan sekarang menjadi terperhatikan dan menjadi bagian dari kinerja pemerintah secara profesional dan diakui dengan penatausahaan aset-aset yang dimiliki,” jelasnya.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sumbar dan kabupaten/kota yang ada di Sumbar atas dukungan yang sangat membantu proses sertifikasi tanah dan lahan.

Ia mengimbau kepada seluruh jajaran kantor wilayah BPN di Indonesia yang berada di daerah untuk terus melakukan pendekatan kepada pemda supaya pelayanan publik bisa berjalan lebih cepat lagi. (*)

Previous articleTak Perlu Kampanye Lagi, SR Sudah Dikenal Warga Tebing Tinggi
Next articleNasrul Abit: Bupati Syahiran Pernah Titip Pembangunan Teluk Tapang