Plt Wako: Masih Banyak PR DMI Pariaman terkait Pemberdayaan Masjid

31
Plt Walikota Pariaman Mardison Mahyudin saat membuka pengukuhan pengurus DMI Kota Pariaman. (Diskominfo Pariaman)

Plt Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin membuka acara Pengukuhan Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pariaman periode 2019-2024, Rabu (25/11/2020) di Aula Balaikota Pariaman.

“Semoga kehadiran kita semua di acara yang memiliki momentum strategis ini, bisa menjadi sumber inspirasi bagi kita, dalam memantapkan langkah ke depan dalam upaya pemberdayaan masjid-masjid khususnya di Kota Pariaman,” kata Mardison.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh Pengurus DMI Kota Pariaman yang secara resmi berkarya mulai hari ini. Ucapan selamat ini pun diiringi dengan harapan agar saudara-saudara dapat bekerja optimal, bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas, selama menjadi pengurus DMI Kota Pariaman,” sambung Mardison.

Mardison menjelaskan ada banyak pekerjaan rumah dari DMI terkait berbagai upaya pemberdayaan masjid. Karena secara faktual, peran masjid pada umumnya hanya sebatas tempat ibadah saja. Fungsi-fungsi potensial yang sebenarnya dapat dilakukan masjid seperti pemberdayaan ekonomi atau proses pendidikan, belum dikembangkan dengan secara baik.

“Oleh karena itu DMI harus memiliki program dan langkah nyata yang jelas untuk menjadikan masjid mampu berperan seperti itu, dengan memberdayakan pengurus masjid agar mampu dan mau mengelola masjid dengan baik dan profesional,” katanya.

Baca Juga:  Tak Hanya Menanam, Juga Merawat, Kepala BNPB Apresiasi Pemko Pariaman

Pada saat yang sama, kata Mardison, masyarakat yang berada dilingkungan masjid pun harus diajak untuk mau berperan dan berkiprah seperti halnya pengurus masjid. Warga tidak semata-mata hanya memiliki kewajiban untuk membantu pembagunan masjid saja , tetapi jauh lebih penting dari itu, warga memiliki komitmen untuk senantiasa memakmurkan masjid.

“Jadi kami berharap DMI dapat terus melakukan upaya-upaya yang berkesinambungan untuk menghidupkan masjid, sebagai tempat menjalin ukhuwah dan rasa kebersamaan diantara sesama ummat Islam,” tuturnya. (*)

Previous articleKota Pariaman Ditetapkan sebagai Badan Publik Informatif
Next articleDemokrat Melonjak Dua Peringkat, Jadi Partai Paling Informatif