Pelunasan NPHD Masih Lambat, KPU Berharap Tuntas Dua Pekan

Ketua KPU RI Arief Budiman. (jawapos.com)

Tahapan Pilkada 2020 akan memasuki pendaftaran pasangan calon pada Jumat (4/9) mendatang. Namun, pencairan anggaran dari pemda ke penyelenggara belum tuntas. Bahkan, ada diantaranya yang pencairan di bawah 40 persen.

Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Mochamad Ardian Noervianto menjelaskan, realisasi anggaran Pilkada antara Bawaslu dan KPU sudah di atas 95 persen. Yakni Rp. 9,936 Triliun atau 97,05 persen untuk KPU dan Rp. 3,313 Triliun atau 95,56 persen untuk Bawaslu.

Rinciannya, dari 270 daerah pelaksana Pilkada, 240 daerah telah menuntaskan pelunasan anggaran 100 persen ke KPU. Sedangkan 29 Pemda yang transfernya masih di kisaran antara 40 persen sampai dengan di bawah 100 persen. “Terdapat satu Pemda yang transfernya kurang dari 40 persen, yaitu Kabupaten Halmahera Utara,” ujarnya, kemarin (30/8).

Kemudian untuk Bawaslu, Ardian menuturkan, jumlah pemda yang telah melunasi hingga 100 persen ada 242. Sementara 25 Pemda lainnya berada dikisaran 40 sampai di bawah 100 persen, dan tiga Pemda yang masih di bawah 40 persen. “Kabupaten Waropen 37,33 persen, Kota Bandar Lampung 36,84 persen, dan Kabupaten Pegunungan Bintang 30 persen,” imbuhnya.

Baca Juga:  Jaga Netralitas, Nasrul Abit Lepas Jabatan Ketua Pramuka Sumbar

Dari pantauan Kemendagri, lambatnya proses pencairan disebabkan oleh tata kelola anggaran yang kurang rapih. Beberapa daerah bahkan sudah menyatakan baru memiliki uang untuk melunasi transfer ke penyelenggara pada September mendatang.

Ardian juga menyampaikan, penganggaran untuk pengamanan sampai saat ini baru 79 Pemda yang telah 100 persen transfer ke Pihak pengamanan. Namun berbeda dengan penyelenggara, kebutuhan pengamanan sebagian besar dibutuhkan mendekati pemungutan suara.

Sementara itu, Ketua KPU RI Arief Budiman mengapresiasi upaya Kemendagri. Sejauh ini, Mendagri telah banyak berkunjung ke daerah. Dia berharap dukungan dari Kemendagri untuk mempercepat proses pencairan anggaran NPHD. “Mudah-mudahan minggu depan selesai,” ujarnya.

Kalaupun tidak tercapai, dia berharap pencairan bisa dituntaskan maksimal dua minggu lagi. Sebab, tahapan kampanye akan segera dimulai usai pendaftaran dan penetapan paslon. “Paling lama dua minggu ke depan karena kampanye sudah akan dimulai, diharapkan transfer sudah bisa 100 persen,” tuturnya. (far/jpg)