Golkar-Nasdem Klop, Hendrajoni Imbau PKB Jaga Komitmen Poros Baru

Hingga dua hari jelang dibukanya pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar, pasangan Irjen Pol Fakhrizal dan Genius Umar telah mendapatkan dukungan dari DPP Partai Golkar dan Nasdem yang tergabung dalam Poros Baru.

Namun, PKB yang juga tergabung di poros baru disebut-disebut justru memberikan rekomendasi ke calon yang tidak mendaftar ke Poros Baru dan sudah ada partai pengusung. Kondisi tersebut membuat jumlah kursi sebagai syarat mengusung pasangan calon menjadi kurang.

“Jika benar telah memberikan dukungan ke calon di luar yang mendaftar ke koalisi Poros Baru, maka kami sangat menyesalkan itu,” ungkap Ketua DPW Nasdem Sumbar Hendrajoni, Rabu (2/9/2020).

Menurut Hendrajoni, seharusnya semua partai yang tergabung di Poros Baru komit dengan kesepakatan yang telah dibuat bersama. Salah satunya mengusung calon sendiri di luar calon yang sudah ada. Saat ini, Golkar dan Nasdem komit memilih calon yang telah mendaftar ke Poros Baru, yakni Fakhrizal-Genius. Namun, PKB belum menyampaikan keputusannya ke Poros Baru.

“Jika akhirnya ada yang bersikap tak sesuai komitmen, buat apa kita bikin Poros Baru yang misinya mencari calon pemimpin Sumbar potensial di luar calon yang sudah ada. Terus terang saya kecewa. Masyarakat dan para tokoh yang sejak awal memiliki harapan besar ke poros baru ini tentu juga akan kecewa,” tukas Hendrajoni.

Oleh karena itu, Hendrajoni mengimbau semua partai yang tergabung di Poros Baru senantiasa bersikap sportif dan memberikan pendidikan politik yang baik serta menjaga komitmen dari awal sampai akhir. Apalagi calon yang mendaftar banyak yang potensial menang Pilgub Sumbar serta punya basis massa riil sehingga bisa saja ada pihak yang ingin mengganggu eksistensi Poros Baru.

Baca Juga:  Pembangunan Berkeadilan, Mulyadi-Ali Mukhni Diharapkan Pimpin Sumbar

“Jadi, jangan kecewakan harapan publik dan para calon yang telah mendaftar ke Poros Baru. Jangan sampai poros baru ini dinilai hanya sekadar ajang main-main saja. Publik akan menilainya. Apalagi ini untuk memilih pemimpin Sumbar loh,” ungkapnya.

Meski demikian, Hendrajoni masih berharap semua partai di Poros Baru kembali ke komitmennya. “Masih ada waktu bagi Poros Baru untuk menjaga komitmennya mengusung calon sendiri sebelum mendaftar ke KPU Sumbar,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPW PKB Sumbar Febby Dt Bangso ketika dikonfirmasi terkait dukungan PKB di Pilgub Sumbar belum merespons.

Namun, sebelumnya seperti diberitakan Jawapos.com, Ketua DPW PKB Sumbar Febby Dt Bangso mendoakan pasangan calon Irjen Pol Fakhrizal-Genius Umar mendapat restu dari Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, ketua umum DPP PKB, dalam menghadapi Pilgub Sumbar 2020.

Febby Dt Bangso mengatakan, sebelumnya Irjen Fakhrizal-Genius Umar telah mendaftar ke koalisi Poros Baru. Koalisi tersebut terdiri atas PKB, Golkar, dan Nasdem. Selain Fakhrizal-Genius Umar terdapat sejumlah nama lainnya.

Menurut Febby, Fakhrizal-Genius Umar termasuk yang mendapat respons positif dari publik Sumbar, begitu juga calon lainnya. “Semua kandidat yang mendaftar di Poros Baru dan yang tidak mendaftar, kita survei. Hasilnya sudah kami sampaikan ke DPP PKB. Tinggal desk Pilkada memutuskan siapa yang akan dicalonkan,” kata Febby kepada JawaPos.com , Sabtu (22/8/2020) lalu. (idr/jpg)