Ekos Albar Masuk Radar Wawako Padang, Begini Tanggapan Andre Rosiade

90

Dua hari setelah Hendri Septa resmi menjadi Wali Kota Padang, publik mulai bertanya-tanya siapa yang akan mendampinginya hingga berakhir masa jabatan tahun 2024.

Sosok yang akan mengisi kursi wakil wali kota (Wawako) itu kini tengah dibahas oleh PKS dan PAN, sebelum diajukan ke DPRD untuk dipilih.

PKS dan PAN sama-sama bisa  mengusulkan calon wakil wali kota karena koalisi ini yang mengusung pasangan Mahyeldi-Hendri Septa di Pilkada 2019.

Setelah Mahyeldi “naik kelas” jadi Gubernur di Pilkada Sumbar 2020 dan kursi wali kota ditempati Hendri, tentu banyak yang menilai kursi wakil wali kota Padang bakal diisi oleh kader dari PKS.

“PKS memang benar berhak, tapi politik tidak bicara hak tapi bagaimana meyakinkan 45 anggota DPRD Padang lewat program dan ide. Ingat, PKS tidak fraksi terbesar di parlemen Padang itu. Pemilik kursi terbanyak adalah Gerindra lalu PAN dan Demokrat,” ujar pengamat politik Yosmeri kepada media di Padang, Jumat (9/4/2021).

Dengan begitu, katanya, maka kader PKS yang akan mengisi kursi itu sepertinya harus bekerja keras.

Hingga hari ini, telah banyak beredar nama yang akan diusulkan PKS dan PAN mendampingi Hendri Septa menuntaskan periode kepemimpinan di Padang.

Tapi banyak kalangan menilai Hendri Septa harus didampingi sosok memiliki networking nasional tidak politisi tulen. Salah satu sosok yang dinilai tepat mendampingi adalah, Ekos Albar.

Baca Juga:  Asrinaldi: Andre Rosiade Ambil Peran dalam Pembangunan Sumbar

Fungsionaris DPP PAN itu, dinilai sejumlah kalangan merupakan sosok pengusaha nasional yang punya banyak relasi. Dianggap bisa membantu Hendri Septa membawa Padang lekas keluar dari keterseokan akibat krisis ekonomi di masa pandemi ini.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar yang memiliki kursi terbanyak di DPRD Padang, Andre Rosiade menyimak konstelasi perebutan kursi kosong tersebut.

“Banyak nama muncul dan menjalin komunikasi dengan saya. Bagus untuk perebutan kursi wakil wali kota Padang,” ujar Andre.

Ketika ditanya soal nama Ekos Albar, Andre Rosiade langsung memberikan apresiasi positif.

“Waoo kalau Bang Ekos mau bagus dan saya yakin bisa saling menopang dengan Wako Hendri untuk menjadikan Kota Padang lebih baik,” ujarnya.

Apalagi, kata dia, Ekos masuk jajaran pengusaha nasional. Anak Minang yang memiliki networking luas, baik nasional maupun internasional.

“Jika nama Bang Ekos masuk usulan menjadi calon Wawako yang dipilih oleh DPRD Padang, Insya Allah saya dukung,” kata Andre.

Menurut Andre, Gerindra komit untuk Padang lebih baik dan Wawako harus mampu bersinergisitas dan saling menguatkan dengan wali kota.

“Soal Wawako, Gerindra paham dengan ketentuan yang berlaku. Jadi kami menunggu usulan wawako dari parpol pengusung PKS dan PAN,” ujarnya.(rel)

Previous articleUsulan Direspons Wapres, Wali Kota Genius Langsung Temui Wamen PUPR
Next articleGuspardi Gaus: Maksimalkan Teknologi Informasi untuk 4 Pilar MPR