NA-IC Gunakan Website dan Medsos Sumbar Unggul sebagai Media Kampanye

26

Tim pemenangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit-Indra Catri (NA-IC), memaksimalkan platform website dan media sosial (medsos) untuk mengakomodir penyebaran konten-konten informasi selama kampanye dimasa pandemi Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

Pemanfaatan platform digital itu, dilakukan sebagai bentuk kepatuhan terhadap aturan yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat.

Sebelumnya, Komisioner KPU Sumbar, Gebril Daulay menegaskan, lantaran kondisi kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Ranah Minang masih meroket tajam, maka metode kampanye dalam bentuk tatap muka dengan jumlah massa yang banyak seperti Pilkada sebelumnya, saat ini tidak dapat dilakukan.

Sebagai gantinya, KPU memperbolehkan metode kampanye dilakukan secara virtual. Termasuk juga metode dalam jaringan (daring) dengan memanfaatkan media online dan media sosial. Perubahan paradigma kampanye ini, menurut KPU sudah sesuai dengan aturan.

Tokoh muda sekaligus perwakilan tim pemenangana NA-IC, Nasta Oktavian menegaskan jika saat ini memang kondisi untuk kampanye tatap muka langsung tidak memungkinkan. Jikapun harus tatap muka, jumlah massa yang dimobilisasi sangat terbatas. Paling banyak 50 orang dan itu akan diawasi oleh Bawaslu secara ketat. Jika, melanggar ketentuan itu, maka paslon akan mendapat teguran hingga sanksi keras.

“Nah, KPU sudah mengeluarkan kebijakan soal kampanye ini. Ini juga sesuai dengan instruksi Pak Nasrul Abit. Kita akan manfaatkan semaksimal mungkin platform digital untuk sarana penyebaran informasi terkait NA-IC. Pak Nasrul Abit berulang kali menyampaikan ke kita, patuhi aturan, disiplin protokol kesehatan. Ikut serta dalam pengendalian Covid-19. Dan, platform digital, sarana yang tepat untuk saat ini,” kata Nasta, Senin (12/10/2020).

Menurut Magister Bidang Hukum yang juga pemilik Club Racing bernama Canasta RBRT Racing Team itu, sejak awal masa kampanye, Nasrul Abit sudah menginstruksikan kepada semua tim pendukung, relawan dan simpatisan untuk mengedepankan protokol kesehatan. Karena, angka kasus Covid-19 di Sumatera Barat kian hari kian meningkat.

Baca Juga:  Social Safety Net, Cara Mualim Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19 

Nasta menambahkan, instruksi yang disampaikan Nasrul Abit itu bukanlah tanpa dasar. Menjabat sebagai wakil gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit gencar melakukan sosialisasi Covid-19. Bahkan, terjun langsung ke lapangan untuk ikut serta mengendalikan Covid-19 ini. Mulai dari menyiapkan fasilitas dan layanan kesehatan, hingga turun ke lapangan melihat langsung aplikasi penerapan kebijakan PSBB.

Menurut Nasta, platform digital diantaranya website dan media sosial yang diberi nama domain sumbarunggul itu, saat ini dikelola oleh beberapa tenaga-tenaga ahli. Setiap bahan atau konten yang dibuat, seluruhnya dimuat di website dan medsos sumbarunggul. Pasca dimuat, maka akan dibagikan ke pengguna media sosial.

Selain itu, platform digital juga dapat mengakses semua visi, misi Nasrul Abit-Indra Catri dalam proses pencalonan ini serta gambaran program kerja yang ditawarkan untuk Sumatera Barat lima tahun 5 ke depan apabila kemudian diberikan amanah oleh masyarakat dan terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat.

“Ya, sampai saat ini respons dari pengguna media sosial terkait dengan platform digital dengan domain sumbarunggul yang kita gunakan, cukup bagus. Kita juga memperhatikan grafik penyebarannya, juga cukup bagus. Meski demikian, ke depan akan kita maksimalkan lagi. Semoga, metode dalam jaringan ini bisa mencapai target yang kita harapkan. Kita punya strategi khusus untuk ini,” imbuhnya. (rel)