Demokrat Sumbar Baru Pastikan Enam Kader Maju Pilkada Serentak 2020

Mulyadi, Anggota DPR RI

DPD Partai Demokrat Sumbar menggelar rapat konsolidasi, Sabtu (15/8/2020) di Hotel Kyriad Bumiminang Padang. Langkah awal persiapan Pilkada Serentak 2020 itu untuk memantapkan tekad memenangkan paslon Mulyadi-Ali Mukhni pada pesta demokrasi Pilgub Sumbar, 9 Desember 2020.

Rapat konsolidasi dipimpin oleh Mulyadi didampingi Eka Putra, dimoderatori oleh Januardi Sumka (Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumbar).

Mulyadi menyampaikan bahwa rapat konsolidasi ini untuk mengecek kesiapan DPC, PAC dan Ranting dalam memenangkan kader Partai Demokrat yang maju dalam Pilkada Serentak 2020.

“Dari 13 kabupaten kota plus provinsi yang menggelar Pilkada 2020, kita pastikan kader murni Partai Demokrat maju. Pilkada Agam ada Irwan Fikri, Darman Sahladi di Limapuluh Kota, Sabar AS di Pasaman, Pasaman Barat ada Yulianto, dan Eka Putra di Tanahdatar, serta di Pilgub Sumbar, Demokrat berkoalisi dengan PAN,” ungkap Mulyadi.

Pasangan calon Demokrat di kabupaten kota lain, kata Mulyadi, belum selesai pembahasannya. Masih melakukan penjajakan koalisi, dan kader yang akan dimajukan. Sebab Demokrat tidak bisa mengusung sendiri pasangan kepala daerah. Termasuk mengkaji calon mana yang akan didukung bila Partai Demokrat tak ada kader yang tampil.

Baca Juga:  Dukung NA-IC, Aek Nabirong Ingin Keluar dari Ketertinggalan

“Semuanya sedang kita konsolidasikan. Seperti halnya di Pilkada Dharmasraya, kita mengusung petahana. Target kita, Partai Demokrat harus jadi pemenang baik tingkat provinsi maupun kabupaten kota,” tegas Mulyadi.

Meski begitu, tambah Mulyadi, Partai Demokrat dalam mengusung pasangan calon kepala daerah, tetap harus melalui survei oleh lembaga survei yang kredibel secara nasional. Diperkuat oleh lembaga survei lokal.

“Kita harus bisa memastikan, pasangan calon yang kita dukung berpeluang kuat untuk menang. Buat apa kita mengusung seseorang, bila tidak berpeluang menang,” ungkap Mulyadi.

Seperti diketahui, Mulyadi adalah Anggota DPR RI tiga periode. Ia merupakan Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar. Ali Mukhni, Bupati Padangpariaman dua periode, juga Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sumbar.

Demokrat dan PAN masing-masing memiliki 10 kursi di DPRD Sumbar. Syarat 13 kursi di DPRD Sumbar untuk dapat mengusung cagub-cawagub, sudah terlampaui. Dipastikan pasangan Mulyadi-Ali Mukhni mulus melangkah untuk mendaftar ke KPU Sumbar, September 2020 nanti untuk mendaftar untuk menjadi kontestan pilkada Sumbar. (hsn)