Riza Patria Resmi menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta

Presiden Joko Widodo melantik Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/4).

Ahmad Riza Patria dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 40/P Tahun 2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sisa Masa Jabatan Tahun 2017-2022.

Petikan surat keputusan diserahkan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka sebelum kemudian menjalani prosesi kirab menuju Istana Negara dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

Selama prosesi, mereka diiringi pasukan kehormatan paspampres yang dibatasi hanya sejumlah empat orang dengan turut didampingi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Pengambilan sumpah dan pelantikan kemudian digelar di Istana Negara. Setelah dilantik, Ahmad Riza langsung mengemban amanah sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk sisa masa jabatan tahun 2017 sampai 2022.

Politisi Partai Gerindra asal Banjarmasin Kalimantan Selatan tersebut, sebelumnya mundur dari keanggotaannya sebagai  anggota DPR RI. Menurutnya, mulai Kamis (16/4) baru memulai aktivitasnya sebagai wakil gubernur di Balaikota DKI Jakarta.

Usai dilantik, Riza menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Presiden. Sesuai peraturan perundang-undangan, dirinya akan melaksanakan tugas membantu Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, melaksanakan visi, misi, program, dan RPJMD yang telah ditetapkan di DPRD.

“Mudah-mudahan kehadiran saya di DKI Jakarta bisa membantu program-program yang telah ditetapkan dan khususnya kita sekarang dalam menangani masalah Covid-19,” ujar Riza.

Ia menambahkan bahwa Gubernur Anies akan mengundang seluruh jajaran SKPD dan menjelaskan program-program yang sudah dicanangkan serta memperkenalkan para SKPD di DKI Jakarta.

“Mudah-mudahan besok (16/4) saya mulai memasuki hari kerja pertama, bisa melaksanakan tugas dengan baik. Dan saya juga sudah ketemu, diundang Pak Gubernur, dijelaskan situasi dan kondisi terkait virus korona yang sudah menyebar,” imbuhnya.

Setelah melantik Riza, Presiden juga mengangkat I Dewa Made Wiarsa Raka Sandi sebagai Anggota Komisi Pemilihan Umum untuk masa jabatan 2017-2022 serta melantik Benny Rhamdani sebagai Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

Pengangkatan antar-waktu I Dewa Made Wiarsa Raka Sandi didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 38/P Tahun 2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Antar Waktu Anggota Komisi Pemilihan Umum.

Sedangkan Benny Rhamdani dilantik sebagai Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 72/TPA Tahun 2020 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

Pelantikan tersebut dihadiri sejumlah undangan terbatas, seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Ketua KPU Arief Budiman.

Seluruh yang hadir wajib menggunakan masker sebagai bagian dari protokol kesehatan untuk antisipasi penyebaran wabah virus korona (Covid). (esg)