NA Susul Fakhrizal, Febby Dekati Genius, Mahyeldi Tempati Posisi Enam Besar

57
Ilustrasi Pilkada Serentak. (Foto: IST)

Hari kedua polling bakal calon (balon) gubernur dan wakil gubernur Sumbar semakin menarik dicermati.

Masing-masing balon mulai unjuk gigi, baik balon gubernur maupun wakil gubernur. Bahkan, nama-nama yang sebelumnya belum muncul, kemarin sudah mulai memperlihatkan jati dirinya.

Pertarungan ketat terlihat di balon gubernur. Bila kemarin (15/6), balon gubernur Ali Mukhni paling teratas.

Kini, posisi pertama diraih balon gubernur perseorangan Irjen Pol Fakhrizal dengan 25,04 persen. Ini jelas menjadi kejutan.

Satu-satunya balon gubernur perseorangan dalam Pilgub Sumbar ini mampu menempati posisi pertama, meninggalkan balon gubenur berasal dari partai politik.

Namun posisi Kapolda Niniak Mamak ini belum aman. Nasrul Abit (NA) yang juga wakil gubernur Sumbar mulai menempelnya di urutan kedua bersama Ali Mukhni dengan 19,12 persen.

Melejitnya hasil polling Nasrul Abit versi Padang Ekspres ini, diperkirakan ikut dipengaruhi penegasan dari Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade.

Anggota Komisi VI DPR RI itu seperti dilansir Padang Ekspres di halaman pertama edisi kemarin (15/6/2020) menegaskan bahwa secara lisan Sekertaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra telah menentukan siapa balon gubernur dan wagub yang akan diusung di pertarungan Pilgub Sumbar 2020.

”99,99 persen DPD Partai Gerindra Sumbar mengusung Nasrul Abit (NA) sebagai Cagub berpasangan dengan Indra Catri,” jelasnya.

Penegasan ini memberikan motivasi berlipat bagi tim sukses dan pendukung Nasrul Abit. Mereka pun tak segan-segan menunjukkan dukungan kepada mantan bupati Pesisir Selatan dua periode itu. Buktinya, Nasrul Abit menempati posisi kedua bersama Ali Mukhni (Bupati Padangpariaman). Ini jelas menjadi ancaman bagi balon gubernur lainnya.

Satu nama lain yang juga memberi kejutan, masuknya nama Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menempati posisi enam besar. Padahal, kemarin dukungan \polling Padang Ekspres belum terlihat. Seiring masuknya nama Mahyeldi, semakin menunjukkan pertarungan dalam pilgub Sumbar mendatang semakin ketat.

Di posisi balon wakil gubernur, Febby Dt Bangso menjadi kuda hitam. Ketua DPW PKB Sumbar ini mengancam posisi balon wakil gubernur perseorangan Genius Umar. Bila Wali Kota Pariaman itu berhasil meraih 34,94 persen, Febby menempati urutan kedua 26,88 persen.

Bila merujuk hasil polling Padang Ekspres hari kedua ini, jelas memberikan gambaran semakin menarik di hari-hari berikutnya. Mari sama-sama kita lihat besok (17/6). (rdo)