Fakhrizal Tak Tergoyahkan, Genius-Febby Dt Bangso Saling Geser

102
Ilustrasi Pilkada Serentak. (Foto: IST)

Posisi mantan Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal semakin tak tergoyahkan di posisi pertama bakal calon (balon) gubernur Sumbar dalam polling pilgub Sumbar versi Padang Ekspres.

Mantan Kapolda Sumbar yang kini menjadi Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri ini, satu-satunya balon gubernur yang hasil polling-nya di atas 20 persen.

Pria kelahiran 26 April 1963 di Bukittinggi itu, berhasil mendapatkan dukungan 27,06 persen. Artinya, sejak polling pilgub Sumbar versi Padang Ekspres dibuka pada Senin (15/6), pria yang semasa menjadi Kapolda Sumbar kerap disebut Kapolda Niniak Mamak ini hanya sekali tidak berada di posisi puncak.

Satu-satunya balon gubernur pernah menggeser Fakhrizal adalah Bupati Ali Mukhni pada Senin (15/6/2020).

Selepas itu, mantan Kapolda Kalimantan Tengah ini kukuh di posisi pertama. Semua ini jelas menunjukkan bahwa balon gubernur calon perseorangan tak bisa dianggap remeh.

Fakhrizal bukan tak mungkin menjadi kuda hitam dalam pilgub Sumbar mendatang. Track record tanpa cela selama menjadi Kapolda Sumbar, menjadi bahan pertimbangan bagi pemilihnya.

Menjadi satu-satunya pasangan calon gubernur lewat jalur perseorangan berpasangan dengan Wali Kota Pariaman Genius Umar, juga menjadi modal besar bagi alumni SMAN 2 Padang itu.

Keberadaan Fakhrizal menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat yang sudah jenuh dengan keberadaan balon gubernur asal partai politik (parpol).

Cuma saja, posisi Fakhrizal tetap saja belum aman. Lebih-lebih, sekarang ini balon gubernur masuk enam besar polling pilgub Sumbar versi Padang Ekspres juga mulai bergerak.

Salah satunya datang dari balon gubernur Nasrul Abit. Pria yang kini menjadi wakil gubernur Sumbar ini mulai menguntit Fakhrizal. Bila tak hati-hati, posisi Fakhrizal bisa tergeser oleh balon lainnya.

Hal menarik terjadi posisi lima dan enam besar. Duo balon gubernur asal PKS harus saling menggusur. Mahyeldi Ansharullah yang juga Wali Kota Padang akhirnya bisa menggeser posisi Wali Kota Payakumbuh di posisi lima.

Ini menarik untuk dicermati. Terlebih, keduanya sedang berjuang memperoleh dukungan dari DPP PKS. Siapa yang mendapat dukungan, patut ditunggu.

Berganti Posisi
Sementara persaingan antarbalon wakil gubernur semakin ketat. Setelah kemarin (17/6/2020) Febby Dt Bangso berhasil menggeser posisi Genius Umar (Wali Kota Pariaman), kali ini balon wakil gubernur dari calon perseorangan itu menggeser posisi Ketua DPW PKB Sumbar tersebut. Namun, selisih hasil polling-nya tidak terlalu signifikan.

Genius Umar berhasil menggumpulkan persentase 31,87 persen, sedangkan Febby Dt Bangso 31,25 persen. Hampir dipastikan persaingan kedua balon wakil gubernur ini, semakin ketat.

Mengingat, selisihnya hasil polling-nya sangat tipis. Sangat terbuka hasil polling besok (19/6), Febby besama tim suksesnya semakin terpacu merebut posisi pertama. Kita lihat saja.

Untuk balon wakil gubernur lainnya, hasil polling Bupati Agam Indra Catri yang beberapa hari sebelumnya belum bergerak, kemarin mulai bergerak. Hal ini jelas menjadi ancaman pula bagi balon wakil gubernur lainnya seperti Fauzi Bahar (mantan Wali Kota Padang), Ali Mukhni (Bupati Padangpariaman) dan Gusmal (Bupati Solok). (rdo)