Mahyeldi Gusur Fakhrizal, Gusmal Tebar Ancaman

937
Ilustrasi pilkada. (Foto: IST)

Setelah bertahan di posisi puncak empat hari terakhir, akhirnya posisi Irjen Pol Fakhrizal berhasil disalip Mahyeldi Ansharullah. Wali Kota Padang ini berhasil meraih polling tertinggi bakal calon (balon) gubernur versi Padang Ekspres. Posisi tiga besar balon gubernur dilengkapi balon gubernur Mulyadi yang menyodok dari posisi enam.

Naiknya polling Mahyeldi ini sebetulnya sudah terlihat sejak dua hari terakhir. Setelah bertukar posisi dengan Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi di peringkat lima, lalu kemarin menyodok ke posisi kedua, hari ini (20/6) berhasil menyalip posisi Fakhrizal. Akankah posisi Mahyeldi tetap kokoh di peringkat pertama, semuanya dikembalikan kepada pendukung Mahyeldi dengan mengirimkan kupon polling pilgub di halaman 2 Padang Ekspres.

Tergusurnya Fakhrizal dari posisi pertama ini, semakin menunjukkan mulai panasnya polling Pilgub Sumbar 2020 versi Padang Ekspres yang dimunculkan sejak Senin (15/6) lalu. Begitu pula keberhasilan anggota DPR RI Mulyadi menyodok ke posisi tiga. Ini menjadi pencapaian tertinggi bagi Mulyadi yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar itu.

Mulyadi berhasil menggeser balon gubernur lainnya, seperti Bupati Padangpariaman Ali Mukhni yang kali ini harus puas di posisi juru kunci. Termasuk, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi di posisi lima dan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di posisi empat. Pergerakan Mulyadi ini mesti mendapat perhatian serius dari balon lainnya.

Gusmal Unjuk Gigi
Di posisi balon wakil gubernur, persaingan ketat juga terjadi. Paling mencolok terlihat pada hasil polling Bupati Solok, Gusmal. Politisi senior yang sehari sebelumnya berkutat di posisi enam besar, kini malah menyodok ke posisi tiga.

Capaian tertinggi Gusmal sejauh ini, tak terlepas dari strategi yang dijalankan tim suksesnya. Kondisi ini jelas menjadi ancaman baru bagi balon wakil gubernur lainnya. Bukan tak mungkin, pergerakan Gusmal ini baru menjadi pertanda awal, sebelum terjadi lompatan-lompatan berikutnya.

Kini, posisi Gusmal hanya tertinggal dari Ketua DPW PKB Sumbar Febby Dt Bangso (27,06%) dan Wali Kota Pariaman Genius Umar (21,92%). Febby sendiri sejak beberapa hari terakhir berhasil menduduki posisi pertama bursa balon wakil gubernur versi Padang Ekspres.

Mencermati hasil polling Pilgub Sumbar 2020 enam hari terakhir, pergerakan perolehan balon gubernur dan wakil gubernur bergerak dinamis. Diyakini dalam minggu besok, persaingan bakal semakin ketat. Hampir dipastikan, balon satu sama lain bakal saling gusur guna menjadi yang teratas. Mari kita lihat dalam pekan depan. (rdo)