Bertemu KPUD Padangpariaman, Rezka: Tingkatkan Partisipasi Pemilih

14

Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Sumatera Barat 2, Rezka Oktoberia kunjungan daerah pemilihan atau Kundapil ke Kantor KPUD Kabupaten Padang Pariaman pada hari Jum’at (18/6/2021) lalu.

Rezka sebagai salah satu anggota Komisi II DPR RI ini disambut hangat Ketua KPUD Padangpariaman Zulnaidi dan para anggota komisioner lainnya.

Dalam diskusinya bersama jajaran KPUD tersebut, Rezka mengapresiasi Pilkada 2020 di Kabupaten Padangpariaman, baik itu Pemilihan Gubernur maupun Pemilihan Bupati.

“Secara pribadi, saya berikan apresiasi atas kerja keras KPU Padangpariaman dalam menyukseskan Pilgub dan Pilbup di Kabupaten Padangpariaman pada Desember 2020 lalu di tengah kondisi pandemi Covid-19,” ujar Rezka.


Rezka menambahkan bahwa KPU memiliki agenda besar di tahun politik 2024 nanti. Pemilu dan Pilkada akan dilangsungkan di tahun yang sama.

“Karena kita ini akan menghadapi tahun politik yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, maka saya ingin ingatkan soal kesiapan dan kesigapan jajaran KPUD Padangpariaman untuk selalu bekerja cerdas dalam menyukseskan Pemilu dan Pilkada serentak 2024,” kata Rezka saat diskusi berlangsung.

Secara khusus, Rezka juga memberikan perhatian terhadap rendahnya partisipasi politik di Kabupaten Padangpariaman. Untuk itu perlu sosialisasi intens dalam mengajak para pemilih pemula untuk datang dan mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya.

Baca Juga:  Nevi Berkurban di Delapan Kabupaten dan Kota, Salurkan di 100 Titik

“Kita semua harus menyiapkan strategi khusus untuk bisa mengajak para pemilih pemula datang dan mencoblos ke TPS nanti. Maka, proses sosialisasi dan pendidikan politik untuk pemula wajib diselenggarakan secara massif dan berkelanjutan,” ingatnya.

Di samping itu, tingginya angka masyarakat merantau, dimana saat pemilihan tidak pulang ke domisili ktpnya, ini menjadi salah satu poin juga memicu partisipasi rendah. “Saya berharap ada kejelasan dan ketegasan terkait hal ini ke depannya, mesti koordinasi dengan dukcapil,” ungkap politisi Partai Demokrat ini.

Rezka juga mendukung program Desa Peduli Pemilu yang digagas  KPUD Padangpariaman sebagai upaya peningkatan partisipasi politik di tingkat desa.

“Semoga program ini bisa terus konsisten dan partisipasi politik masyarakat Kabupaten Padangpariaman bisa naik untuk Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 nanti,” tambahnya dalam pertemuan dengan prokes ketat ini.

Pada kesempatan silaturahim itu KPUD menyampaikan beberapa aspirasinya kepada anggota DPR RI Rezka Oktoberia. Pertemuan juga dihadiri komisioner lainnya yaitu Ratna Juita, Ory Sativa Syakban, Dewi Aorora, Erik Eksrada, juga hadir Sekretaris KPUD Darlis dan  Kasubag Junaidi. Di.penutup acara KPUD Padangpariaman menyerahkan hasil evaluasi Pilkada 2020.(r)