Dukung Mualim, Bachtiar: Pemimpin Sumbar Harus Pengalaman di Pusat

Tokoh Senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang juga Menteri Sosial 2001-2009 Bachtiar Chamsyah menilai, pemimpin Sumbar ke depan harus punya pengalaman dan telah teruji di tingkat nasional.

Menurut Bachtiar, hal itu tergambar pada figur Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Mulyadi-Ali Mukhni (Mualim). Dia mengapresiasi Mulyadi yang telah banyak berbuat bagi kampung halamannya, terutama pada bidang pembangunan infrastruktur.

Pembangunan infrastruktur di Sumbar, sambungnya, begitu mencolok saat Mulyadi menjadi pimpinan Komisi V DPR RI yang membidangi infrastruktur.

“Karena saya sering pulang kampung, saya menanyakan ini yang pembangunan bagus ini siapa? Karena tidak mungkin itu dana provinsi, itu adalah dana APBN. Dana APBN sifatnya kalau tidak ada inisiatif dari anggota DPR RI, akan sulit juga,” kata Bachtiar di Kota Padang.

“Jadi di situlah saya mendapat berita bahwa Pak Mulyadi sebagai pimpinan komisi banyak sekali membantu infrastruktur di Sumbar. Di situ saya semakin respect,” tambah Bachtiar lagi.

Lebih lanjut, Bachtiar marasa senang Mulyadi maju menjadi salah satu calon gubernur berpasangan dengan Ali Mukhni pada Pilkada 2020 dan rela meninggalkan jabatan sebagai anggota DPR RI.

Dia mengatakan bahwa keinginan masyarakat agar Mulyadi menjadi gubernur sudah sejak tahun 2015. Kesempatan ini menurut dia harus dimanfaatkan oleh masyarakat untuk Sumbar lima tahun ke depan.

“Ketika beliau mencalon gubernur, saya mendukung. Kenapa saya sangat mendukung, karena menjadi seorang gubernur Sumbar, kita tidak bisa membangun Sumbar hanya berdasarkan PAD yang nilainya tergolong kecil. Kalau APBD Sumbar lumayan besar, mungkin karena ada dana pusat, tanpa dana pusat enggak mungkin itu,” jelasnya.

Baca Juga:  Andre Rosiade: Polda Sumbar Sudah Terbitkan SP3 untuk Indra Catri

Dia menyebut, Mulyadi dengan segudang pengalaman selama tiga periode menjabat di DPR RI punya hubungan emosional dengan para menteri dan pengambil kebijakan di pusat.

Dengan pengalaman tersebut, kata Bachtiar, Mulyadi akan mampu membawa berbagai dana pembangunan pusat ke Sumbar seperti yang telah dilakukan sebelumnya.

“Sehingga ketika ada keterbatasan anggaran bisa disiasati oleh Mulyadi dengan melobi teman dan koleganya di pusat. Dengan demikian, makin mengucur dana pusat untuk membangun Sumbar yang lebih besar dan maju,” ujarnya.

Untuk itu, Bachtiar berharap masyarakat Sumbar bisa memilih secara rasional dan melihat rekam jejak dari calon pemimpin tersebut. Menurutnya, Mulyadi telah menggoreskan rekam jejak terbaik.

Terlebih lagi berpasangan dengan Ali Mukhni, Bupati Padangpariaman dua periode yang telah banyak membawa perubahan bagi kabupaten yang dipimpin.

“Maka saya menaruh harapan besar dan saya ingin mengajak semua saudara-saudara saya di Sumbar. Karena kita butuh pemimpin seperti itu. Kita membutuhkan anggaran pusat masuk ke daerah, dengan anggaran itu kita bisa membangun Sumbar,” ucap Bachtiar. (idr)