KPU Sumbar Tetapkan 4 Paslon Gubernur & Wagub Sumbar 2021-2026

58
Rapat Pleno KPU Sumbar menetapkan empat paslon Gubernur/Wagub Sumbar, Rabu (23/9/2020).

Rapat Pleno KPU Provinsi Sumbar menetapkan empat bakal pasangan calon (Bapaslon) menjadi Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Rabu (23/9/2020). Penetapan itu tertuang dalam berita acara Nomor 51/PL.02.2-BA/13/KPU-Prov/IX/2020, dan di-SK-kan dengan nomor 63/PL.02.3-Kpt/13/KPU-Prov/IX/2020

Rapat Pleno internal KPU Sumbar itu dipimpin Ketua Amnasmen, didampingi komisioner lainnya; Izwaryani, Gebril Daulai, Nova Indra, dan Yanuk Sri Mulyani, serta Sekretaris KPU Sumbar Firman.

Keempat Paslon Gubernur/Wakil Gubernur Sumbar Periode 2021-2026 tersebut adalah (sesuai abjad); Fakhrizal-Genius Umar, Mahyeldi Ansharullah-Audi Joinaldy, Mulyadi-Ali Mukhni, dan Nasrul Abit-Indra Catri.

Alhamdulillah, satu lagi tahapan kita lalui dengan baik. Setelah ini, Kami akan melakukan pencabutan nomor urut para paslon yakni besok, Kamis ya. Tempatnya di salah satu hotel. Peserta yang bakal hadir dalam acara tersebut amat terbatas. Hal itu kami lakukan berdasarkan aturan protokol kesehatan. Masyarakat bisa melihat langsung melalui televisi dan facebook KPU Sumbar,” ujar Ketua KPU Sumbar Amnasmen kepada wartawan.

Ditambahkan oleh Izwaryani (Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu), sejak awal tahapan pilkada sampai dengan hari-H, dan pascapemilihan nanti, harus mengikuti standar protokol kesehatan.

Baca Juga:  Sejumlah Alumni UNP di Limapuluh Kota Dukung Mualim 

“Semua tahapan harus ikut protokol kesehatan sesuai Peraturan KPU No 6/2020 jo Peraturan KPU No 10/2020. Juga berdasar hasil keputusan bersama Mendagri, DPR-RI, KPU RI dan Bawaslu RI, maka tidak ada celah untuk tidak mengikuti aturan tersebut,” ungkap Izwaryani.

Saat ini pada dasarnya, KPU se-Sumbar yang mengadakan pemilihan kepala daerah, saat ini sudah melakukan pleno tertutup. “Hasilnya, tidak ada satu pasang calon yang teranulir, karena secara administrasi dan lainnya dinyatakan tidak bermasalah,” jelasnya.

Rapat Pleno penetapan calon gubernur Sumatera Barat pagi ini, mendapat pengawalan 200 personel aparat Polresta Padang. Kabag Ops Polresta Padang, Kompol Alwi Askar mengatakan, pengamanan dilakukan sesuai standar pilkada, baik pada tahap penetapan calon maupun penetapan nomor urut besok. (hsn)