Mahyeldi-Febby Teratas, Faldo-Moenek Masuk Radar

146

Setelah sempat tergusur, kini Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah kembali merebut posisi puncak bursa bakal calon (balon) gubernur polling Pilgub Sumbar 2020 versi Padang Ekspres. Sementara bursa balon wakil gubernur, Ketua DPW PKB Sumbar Febby Dt Bangso masih nyaman di posisi pertama.

Mahyeldi berhasil mengungguli balon gubernur lainnya dengan 21,66 persen. Namun posisi mantan Wakil Ketua DPRD Sumbar ini masih belum aman, balon gubernur perseorangan Fakhrizal sudah mengintai di posisi kedua dengan 19,55 persen.

Sementara posisi Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mulai terangkat ke posisi ketiga 15,36 persen. Mulai terangkatnya posisi Nasrul Abit ini diyakini tak terlepas dari kepastian dirinya bersama Indra Catri mendapat surat rekomendasi dari DPP Partai Gerindra.

Di sisi lain, Bupati Padangpariaman Ali Mukhni yang sempat merebut posisi pertama awal pekan ini, kali ini posisinya melorot ke posisi empat dengan 14,97 persen. Berikutnya Faldo Maldini (9,85 persen), Riza Falepi (8,12 persen), Mulyadi (7,93 persen) dan Reydonnyzar Moenek (2,56 persen).

Masuknya nama Faldo Maldini yang juga Ketua DPW PSI Sumbar bersama Reydonnyzar Moenek patut mendapat perhatian dari balon lainnya. Lebih-lebih keduanya sudah mulai bersosialisasi sejak beberapa tahun terakhir. Khusus Faldo, informasinya hari ini mendelekrasikan maju dalam Pilgub Sumbar berpasangan dengan Ketua DPW PKB Sumbar Febby Dt Bangso.

Sementara di bursa balon wakil gubernur Sumbar sendiri, nyaris tidak terjadi perubahan berarti. Tiga besar dipegang Febby Dt Bangso 21,61 persen, Wali Kota Pariaman Genius Umar 21,18 persen dan Bupati Solok Gusmal 18,44 persen.

Di posisi berikutnya, Audy Jonaidy yang digadang-gadangkan berpasangan dengan Mahyeldi Ansharullah 16,55 persen, Bupati Agam Indra Catri 11,11 persen, mantan Wali Kota Padang Fauzi Bahar 7,19 persen dan Ali Mukhni 4,24 persen.

Diyakini, besok (25/6) hasil polling Pilgub Sumbar 2020 versi Padang Ekspres makin ketat. Bukan tak mungkin posisi Mahyeldi maupun Febby Dt Bangso yang kali ini teratas, disalip balon lainnya. Makanya, balon bersama tim sukses dan pendukungnya wajib berhati-hati. (rdo)