Harus Berani Nyatakan Tolak Politik Uang

22
ilustrasi. (jawapos.com)

Anggota Bawaslu Republik Indonesia Fritz Edward Siregar berharap masyarakat berani menyatakan tolak politik uang dalam proses pelaksanaan pilkada serentak 2020. “Jadilah pemilih yang bukan sekadar memilih. Tapi, jadilah yang berperan untuk menentukan siapa yang patut untuk jadi pemimpin. Berantas budaya politik uang,” tegas Fritz.

Hal itu diungkapkannya saat meresmikan Desa Sumber Urip sebagai desa Anti Politik Uang di Kabupaten Rejang Lebong, Senin (28/9). Didampingi dengan Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu Parsadaan Harahap serta Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Halid Saifullah dan Dodi Herwansyah,

Koordinator Divisi Hukum Bawaslu RI itu juga berharap diresmikannya Desa APU Sumber Urip dapat tercipta suasana lingkungan yang edukatif, keberanian menjaga hak pilih sehingga tujuan dan cita-cita Demokrasi yang baik dapat tercapai dengan maksimal. “Jangan takut bila menemukan hal-hal yang melanggar dan tidak sesuai aturan segera laporkan ke Bawaslu,” ujar Fritz.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Rejang Lebong, Dodi Hendra Supiarso mengatakan, pemilihan Desa Sumber Urip sebagai Desa Anti Politik Uang dikarenakan ada semangat untuk menegakkan pemberantasan politik uang yang terlihat dari masyarakat Desa Sumber Urip. Dia berharap dengan dijadikannya Desa Sumber Urip sebagai Desa Anti Politik Uang dapat menjadi inspirasi untuk desa yang lain. Sehingga pada saat pemilihan, pemimpin yang dipilih adalah pilihan rakyat bukan karena politik uang.

Baca Juga:  3 Poin Penting Kompetensi Pengawas

Untuk diketahui kedatangan Fritz ke Bengkulu dalam rangka memastikan seluruh proses pengawasan tahapan berjalan dengan lancar. Terjadwal Fritz akan berada di Bengkulu selama 3 (tiga) hari, 28-30 September 2020.

Ada beberapa agenda yang sudah terjadwal selama Fritz di Bengkulu selain meresmikan Desa APU di Rejang Lebong, pria asal Medan itu juga dijadwalkan akan meresmikan PPID Bawaslu Rejang Lebong, meresmikan Desa APU dan PPID di Bawaslu Kabupaten Kepahiang, meresmikan PPID Bawaslu Bengkulu Tengah dan menghadiri kegiatan Bimtek yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kota Bengkulu. (jpg)