Mahyeldi-Audy Teratas, Faldo-Febby Mengejutkan, Gusmal Tetap jadi Penantang Kuat

210
Ilustrasi. (Foto: IST)

Polling Pilgub Sumbar 2020 versi Padang Ekspres resmi ditutup. Tak ada perubahan berarti di hari terakhir polling. Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah tetap menjadi teratas bersama pasangannya Audy Joinaldy. Sementara Faldo Maldini yang berpasangan dengan Febby Dt Bangso tampil mengejutkan dengan kokoh di posisi kedua. Satu tokoh lain yang juga patut menjadi perhatian lebih adalah Bupati Solok Gusmal yang mampu menjadi penantang kuat pada akhir polling kali ini.

Mahyeldi sendiri berhasil unggul dibandingkan lima bakal calon (balon) gubernur lainnya dengan mencatatkan 1.392 dari 5.011 dukungan atau (27,78 persen). Ketua PSI Sumbar Faldo Maldini mendapatkan 1.143 dukungan (22,81 persen). Dua balon gubernur ini berhasil meninggalkan balon lainnya dengan dukungan hampir separuh.

Khusus Mahyeldi, keberhasilan ini jelas menjadi modal tambahan menuju Pilgub Sumbar sesungguhnya. Putra Agam ini diyakini menjadi balon gubernur yang harus diwaspadai balon lainnya. Kendati belum sepenuhnya bergerak, namun Mahyeldi diyakini mampu menjadi magnet bagi pemilih.

Tentunya, ini semua tak terlepas dari rekam jejak yang sudah diperlihatkannya selama memimpin Kota Padang. Terlebih lagi, Mahyeldi disokong tokoh muda Audy Joinaldy. Duet keduanya, diyakini bisa saling mengisi satu sama lainnya.

Sementara Faldo Maldini, diyakini pula bisa menjadi ancaman bagi balon lainnya. Buktinya, kendati baru mendeklarasikan diri berpasangan dengan Ketua PKB Sumbar Febby Dt Bangso, polling-nya langsung melejit. Bila pasangan ini bisa mendapatkan tiket dalam Pilgub Sumbar mendatang, jelas duet Faldo-Febby bisa menjadi pilihan bagi mereka menginginkan perubahan. Jiwa muda nan visioner dan inovatif, jadi kekuatan duet politisi muda ini.

Untuk posisi ketiga sendiri diduduki Bupati Padangpariaman Ali Mukhni dengan 668 pendukung (12,91 persen). Ali Mukhni sendiri digadang-gadangkan berpasangan dengan Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar Mulyadi dalam polling kali ini menduduki posisi keenam 381 (7,60 persen). Dengan basis massa sama-sama kuat, duet pasangan ini diyakni mampu menjadi salah satu pasangan unggulan dalam Pilgub Sumbar mendatang.

Mantan Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal yang akrab dipanggil Kapolda Niniak Mamak semasa menjabat lalu, menempati posisi keempat 647 dukungan (12,91 persen). Fakhrizal memilih berpasangan dengan Wali Kota Pariaman Genius Umar dalam polling kali ini menempati posisi ketiga, diyakini pula menjadi pilihan bagi mereka yang jenuh dengan balon asal parpol. Dengan catatan, pasangan perseorangan ini lolos verifikasi faktual yang sekarang sedang berjalan.

Untuk posisi lima diduduki Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dengan 412 (8,22 persen). Mantan Bupati Pessir Selatan (Pessel) dua periode ini sendiri, sebelumnya sudah menjatuhkan pilihan berpasangan dengan Bupati Agam Indra Catri dalam polling ini menduduki posisi keenam ini. Duet pasangan ini jelas tak bisa diragukan. Keduanya sama-sama berhasil memimpin daerahnya masing-masing. Khusus Nasrul Abit, kepemimpinannya yang langgeng dengan Gubernur Irwan Prayitno, menjadi kekuatan tersendiri bagi balon gubernur ini.

Sedangkan posisi keenam diduduki Wako Payakumbuh Riza Falepi 316 (6,30 persen), dan terakhir Sekjen DPD RI Reydonnyzar Moenek di urutan terakhir 52 (1,05 persen). Dua tokoh ini juga tak asing lagi bagi publik Sumbar, namun tentunya tergantung kepada bisa atau tidaknya keduanya mendapat tiket dalam pilgub mendatang.

Penantang Serius
Untuk bursa balon wakil gubernur, biarpun berhasil disalip Audy Joinaldy dengan selisih sangat tipis, namun posisi Bupati Solok Gusmal tetap menjadi ancaman serius bagi balon wakil gubernur lainnya. Terlebih, melihat balon yang ada sekarang ini, posisi Gusmal sangat menguntungkan. Gusmal satu-satunya kepala daerah balon wakil gubernur berasal dari Solok Raya (Kota Solok, Kabupaten Solok, Solok Selatan) plus Sijunjung, Sawahlunto dan Dharmasraya.

Artinya, bila balon gubernur pandai mencermati potensi ini, memilih Gusmal menjadi balon wakil gubernur dinilai sangat realistis. Lebih-lebih sosok Gusmal bukanlah politisi kemarin sore, namun politisi senior yang sudah banyak memakan asam garam di pemerintahan. Buktinya, Gusmal berhasil menjadi bupati Solok selama dua periode. Di samping rekam jejaknya selama memimpin Kabupaten Solok nyaris tiada cela.

Balon Wakil Gubernur lainnya, mantan Wali Kota Padang Fauzi Bahar yang menempati posisi ketujuh dalam polling kali ini, juga tak bisa dianggap sebelah mata. Semasa kepemimpinannya, Fauzi berhasil meletakkan fondasi bagi kemajuan Kota Padang berikutnya. Kini, satu per satu apa yang sudah digagasnya mulai terlihat di Padang.

Seiring berakhirinya polling Pilgub Sumbar 2020 versi Padang Ekspres, kini diserahkan kepada masyarakat/ pemilih untuk mencermati balon-balon yang ada. Hampir diyakini, balon-balon yang ada dalam polling ini bertarung dalam pilgub Sumbar mendatang. Jadi, silakan mencermati sendiri. (rdo)