70 Persen Surat Suara Sudah Dilipat, Hari Ini Ditargetkan Tuntas

25
Sejumlah warga tengah menyortir dan melipat surat suara Pilkada gubernur dan wakil gubernur Sumbar di gedung KPU Kota Padang. (IST)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang menargetkan proses pelipatan surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar pada Pilkada 2020 rampung hari ini (30/11).

Ketua KPU Padang Riki Eka Putra kepada Padang Ekspres, kemarin (29/11) mengatakan, proses pelipatan surat suara telah dilakukan sejak Sabtu (28/11) dan ditargetkan rampung hari ini.

Jumlah surat suara yang telah diterima KPU Padang dari KPU Sumbar sebanyak 631.317 surat suara sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT). Setelah menerima surat suara, pihaknya segera melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara di dua lokasi. Yakni di Kantor KPU Padang dan Kantor Pos Padang.

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yakni menjaga jarak antar sesama. Selain itu petugas penyortir dan pelipat surat suara juga diwajibkan pakai masker dan cuci tangan.

Hingga Minggu (29/11), sebut Riki, sekitar 70 persen surat suara telah disortir dan dilipat.
“Sisanya 30 persen lagi, hari terakhir besok (hari ini, red) insya Allah tuntas,” imbuhnya.
Riki melanjutkan, usai penyortiran dan pelipatan surat suara, akan dilakukan pengepakan ke dalam sampul dan kotak suara. “Lalu akan didistribusikan ke seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) mulai 7 Desember mendatang,” sebutnya. (i)

Previous article4 Ribu Pemilih Pemula Belum Rekam E-KTP
Next articleLantai 3 Gedung Olahraga HBT Terbakar