Presiden Buka Munas APKASI, Bupati Sutan Riska Daftar jadi Ketua Umum

Musyawarah nasional (Munas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia (APKASI) telah resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (26/3/2021) pagi.

Dalam sambutannya, Presiden meminta pemerintah daerah memprioritas alokasi anggaran untuk pelaksanaan program strategis yang esensial dan dibutuhkan masyarakat.

“Program-program strategis di kabupaten yang memecahkan masalah-masalah mendasar dan bisa membawa lompatan besar ke depan terus harus dikawal dan diprioritaskan,” ujarnya saat pembukaan Munas secara hybrid (perpaduan tatap muka dan virtual) ini.

Sementara itu, salah satu agenda Munas pemilihan ketua umum (ketum) APKASI periode 2021-2026. Salah seorang bupati dari Sumbar yang mendaftar menjadi ketum adalah Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Mendaftarnya Sutan Riska dibenarkan oleh Direktur Eksekutif APKASI Sarman Simanjorang. “Beliau juga sudah bertemu dengan Pak Mensesneg,” ujar Direktur Eksekutif APKASI Sarman Simanjorang, Kamis (25/3/2021).

Sutan Riska mulai menjabat sebagai Bupati Dharmasraya pada 2015. Ia menjadi bupati termuda di Indonesia saat itu dengan usia 26 tahun. Sutan Riska kembali terpilih sebagai Bupati Dharmasraya untuk periode kedua pada Pilkada 2020.

Baca Juga:  ASN Dilarang Cuti dan Mudik Lebaran

Kata Sarman, bupati yang kini berusia 32 tahun itu telah menyerahkan dokumen pendaftaran kepada Ketua Steering Committee Munas V Apkasi, yang juga Sekretaris Jenderal APKASI Najmul Akhyar beberapa waktu lalu.

Sarman mengatakan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi calon ketua umum, di antaranya pernah menjadi pengurus APKASI, sisa masa jabatan minimal 3 tahun, serta memiliki visi dan misi dalam mengembangkan organisasi yang dideklarasikan pada 30 Mei 2000 itu.

“Dari persyaratan tersebut, Sutan Riska sudah memenuhinya. Sutan Riska saat ini menjabat Wakil Ketua Umum APKASI,” ujarnya.

Ia menyebut, munas yang dibuka Presiden Joko Widodo ini mengusung tema “Penguatan Kapasitas Daerah dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kolaborasi Pusat, Daerah dan Swasta serta Dukungan Kebijakan yang Berpihak”.

Kata dia, ketua umum yang terpilih dalam munas akan dikukuhkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.(rel)

Previous articleTerkait Pendampingan Hukum, PLN-Kejagung Lakukan MoU
Next articleDongkrak Wisatawan ke Sumbar, Air Asia Kemas Penerbangan Plus Hotel