Raffi Datang, Cilegon United Bisa Jadi Cilegon Rans United

Raffi Ahmad, pemeran sinetron, host televisi, serta pengusaha dunia hiburan, kini terjun ke bisnis sepak bola melalui klub Liga 2, Cilegon United. (jpg)

Dari Hollywood ke Bollywood mampir ke Cilegon. Tren para pesohor dunia hiburan yang masuk ke bisnis sepak bola terus berlanjut. Raffi Ahmad, pemeran sinetron, host televisi, serta pengusaha dunia hiburan, masuk dalam gelombang itu melalui klub Liga 2 Cilegon United (CU).

Foto Raffi yang sedang memegang dokumen dengan kop CU bersama presiden klub, Yudhi Apriyanto, beredar luas Minggu (28/3) lalu. Di keterangan posting-an Instagram tersebut, Raffi meminta doa kepada warganet. “Mohon Doanya… Bismillah,” tulisnya.

Kepada Radar Banten (grup Padang Ekspres), Yudhi menyebutkan, Raffi tidak sendirian menjadi penyandang dana. Suami Nagita Slavina itu ditemani pengusaha otomotif Rudy Salim dan Wakil Direktur Utama Garuda Indonesia Dony Oskaria.

Yudhi menjelaskan, pertemuan dengan Raffi dilakukan pada Jumat malam (26/3). Dia tidak menjelaskan secara terperinci jam dan lokasi pertemuan itu. “Sejauh ini masih sebagai penyandang dana, nanti Rabu (31/3) press conference dengan Raffi Ahmad di Jakarta,” ujar Yudhi.

Di Amerika, sejumlah pesohor kelas wahid Hollywood juga telah terjun dalam bisnis serupa. Duo aktris Natalie Portman-Eva Longoria, misalnya, tercatat sebagai pemilik Angel City FC, klub sepak bola putri yang tahun depan mulai bertarung di National Women’s Soccer League.

Aktor Ryan Reynolds juga demikian, ikut jadi pemilik Wrexham, klub Wales yang saat ini bermain di National League, strata kelima Liga Inggris. Sedangkan aktor dan komedian Will Ferrell merupakan owner klub Major League Soccer Los Angeles FC. Di Inggris, setidaknya musisi Elton John dan Robert Plant pernah tercatat di jajaran direksi Watford serta Wolverhampton Wanderers.

Di Bollywood juga tak kalah banyak. Abhishek Bachchan dan Ranbir Kapoor masing-masing merupakan pemilik klub India Super League (ISL) Chennaiyin FC serta Mumbai City FC. Arjun Kapoor dan Hrithik Roshan tercatat sebagai co-owner Pune City FC, sedangkan John Abraham merupakan owner North East United FC.

Tentang berapa dana yang digelontorkan Raffi Ahmad, Yudhi mengaku tidak tahu secara persis. Namun, dia memberikan sinyal bahwa dana yang digelontorkan mencapai miliaran rupiah. “Untuk klub di Liga 2, dana pasti di atas Rp 4 miliar hingga Rp 5 miliar. Mungkin bisa jauh lebih besar,” ujar Yudhi.

Baca Juga:  Maung Bandung Fokus Semifinal

Yudhi menyebut Raffi siap menanggung semua biaya CU. Mulai operasional hingga membeli dan menggaji para pemain. “Jadi, ke depan, kalaupun namanya berubah jadi Cilegon Rans United atau Rans Cilegon United, it’s ok, yang penting Cilegon namanya ada di situ,” paparnya.

Rans Entertainment adalah bisnis rumah produksi milik Raffi. Kanal YouTube Rans yang kontennya berisi berbagai pernik keluarga Raffi punya 19,7 juta subscriber.
Soal keberadaan Rudy Salim dan Dony Oskaria, Yudhi enggan memberikan penjelasan karena belum mendapatkan izin dari keduanya.

Kesulitan Finansial
Yudhi mengungkapkan, sejak 2017, CU tidak memiliki sponsor. Akhirnya, manajemen terpaksa berjuang dengan berbagai cara agar bisa bertahan di kompetisi. “Ekonomi krisis, sponsor gak ada. Jangankan untuk klub, kasih makan karyawan susah,” tutur Yudhi.

Menurut Yudhi, bukan hal gampang meyakinkan Raffi Ahmad menggelontorkan dana ke klub. “Pertimbangan dia (Raffi Ahmad) matang juga, tidak asal menentukan sikap,” ujarnya.

Di Liga 2, Persis Solo belum lama ini juga menunjukkan ambisi mereka. Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, menjadi pemegang saham terbesar, disusul Kevin Nugroho, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

CU dibentuk pada 2012. Klub dengan julukan The Volcano itu berhasil bertanding di Divisi II Liga Indonesia setelah menjuarai Divisi III Liga Indonesia 2012 zona Banten.
Setahun kemudian, CU promosi ke Divisi I. Tren positif terus dicatat CU. Mereka menjuarai Divisi I Liga Indonesia tahun 2014 dan akhirnya promosi ke Divisi Utama.

Di tengah kejayaan tersebut, CU menghadapi rintangan. CU pun terseok-seok karena mengalami kesulitan finansial dan tidak memiliki sponsor hingga datang Raffi Ahmad. (bam/alt/raf/c17/ttg/jpg)

Previous articleTampil di VVIP Kompas TV, Andre Rosiade Buka-bukaan Soal Politik
Next articleTNI Gagalkan Penyelundupan Ganja Perbatasan