Persatuan Terjaga Bila Nilai Kemanusiaan Terjaga

1
MENGEDUKASI: Anggota MPR RI Hermanto, memberikan sambutan dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR di Gedung Pemuda OPEL, Kelurahan Lubukbuaya, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Selasa (23/5).(IST)

Anggota MPR RI Hermanto menyebutkan, Persatuan Indonesia sebagaimana tercantum dalam sila ke-3 Pancasila akan terjaga bila segenap anak bangsa bisa menjaga nilai-nilai kemanusiaan. Sila ke-3 Pancasila akan terjaga bila sila ke-2 Pancasila diimplementasikan.

“Persatuan itu ada bila ada kemanusiaan, ada keadilan dan ada adab,” ucap Hermanto dihadapan peserta kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR di Gedung Pemuda OPEL, Kelurahan Lubukbuaya, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Selasa (23/5) lalu.

Namun saat ini, kata Hermanto, yang terjadi sebaliknya. “Informasi yang tidak benar, ujaran kebencian, saling ejek, saling hujat marak dipertontonkan di media elektronik dan media sosial. Perilaku itu jauh dari nilai-nilai kemanusiaan dan adab,” papar legislator dari FPKS MPR RI ini. “Perilaku tersebut mengancam keutuhan Persatuan Indonesia,” tambah Hermanto.

Demi Persatuan Indonesia, Hermanto mengajak semua anak bangsa agar menahan diri dari membuat pernyataan yang tidak beradab dan jauh dari nilai-nilai kemanusiaan. “Kalau kita merasa benar, maka sampaikan dengan cara yang baik,” ujarnya.

“Intinya hati-hati, berfikir terlebih dahulu sebelum berbicara,” pungkas legislator dari Dapil Sumbar I ini. Hadir juga dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini, Lurah Lubuk Buaya Syafrizal, Ketua LPM Lubuk Buaya Doni dan tokoh masyarakat setempat Asrial. (k)