Sejumlah Kawasan Terendam Banjir

49
Sopir angkot tengah mendorong mobilnya yang mogok karena banjir di kawasan Siteba, kemarin (24/11). (Heru Irawan-Padang Ekspres)

Curah hujan tinggi yang mengguyur Kota Padang, menyebabkan sejumlah kawasan dan rumah warga terendam banjir, Selasa (24/11). Pantauan Padang Ekspres di sepanjang Jalan Jakarta Batusangkar, Jalan Bukittinggi dan Masjid Raya Al Munawarrah Siteba, Kelurahan Suraugadang, ketinggian air mencapai sepaha orang dewasa.

Banyak pengendara roda empat dan roda dua yang melewati kawasan tersebut mengalami mati mesin karena air yang mengenanggi jalan. Banjir juga dimanfaatkan oleh anak-anak di permukiman untuk mandi-mandi.

Elli, 39, warga Jalan Batusangkar, Siteba mengatakan, hujan yang mengguyur sejak siang hingga sore mengakibatkan rumahnya terendam air. Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Barlius mengatakan, kondisi cuaca Kota Padang secara visual berdasarkan informasi dari jajaran BPBD, instansi kebencanaan dan masyarakat, hujan merata dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin.

Hujan lebat membuat sejumlah kawasan seperti Siteba, Alai, Mataaia, Jondulrawang, Sungaisapih dan lainnya digenangi air. “Ini dampak dari La Nina yang membuat curah hujan tinggi di Kota Padang,” katanya.

Personel Tim Reaksi Cepat BPBD Padang bersama instansi terkait turun ke lapangan untuk melakukan pengawasan dan patroli jika masyarakat membutuhkan bantuan. “Sejauh ini belum ada warga yang dievakuasi. Memang terjadi banjir yang menyebabkan air masuk rumah warga,” tuturnya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sutan Hendra mengatakan, hujan yang mengguyur Kota Padang setidaknya merendam sekitar 50 rumah warga yang tersebar di beberapa kecamatan.

Selain itu, BPBD Kota Padang juga menerima laporan terkait adanya satu orang atlet dayung sampan yang dikabarkan hanyut di kawasan banjir kanal. “Tadi kami dapat laporan ada atlet dayung yang terjatuh dari sampannya dan kemudian hanyut. Setelah tim kami menuju lokasi, ternyata atlet itu berhasil menyelamatkan diri dengan berenang ke tepi banjir kanal,” ujarnya.

Baca Juga:  Urus Adminduk hingga Pukul 15.00, Remaja 17 Tahun Diminta Rekam E-KTP

Sementara itu, berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Sutan mengatakan, Kota Padang sendiri dalam 3 hari ke depan masih berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi.

Sutan mengimbau kepada masyarakat khususnya pengendara kendaraan bermotor yang akan beraktivitas di luar rumah untuk memperhatikan kondisi di sekitar ketika hujan dengan intensitas tinggi mengguyur.

“Terutama bagi pengendara yang ingin melintasi jalan Padang-Solok atau kawasan Sitinjau Lauik karena rawan terjadi tanah longsor,” tukasnya. Di tempat terpisah, Kapolresta Padang AKBP Imran Amir mengatakan sudah mempersiapkan personelnya untuk membantu warga. “Para personel sudah berpatroli di kawasan rawan banjir,” tuturnya.

Ketinggian Air Capai 50 Cm
Sementara itu, dari data Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Kota Padang hingga pukul 19.00 malam, kawasan yang terendam banjir yakni Perumahan Tabiang Banda Gadang, ketinggian air sekitar 50 centimeter, Perumahan Arai Pinang, ketinggian air lebih kurang 30 centimeter.

Di Banuaran dekat SMPN 17 Padang, ketinggian air sekitar 30 centimeter, di Perumahan Jondulrawang sekitar centimeter, di Jalan Cendrawasih Patenggangan, ketinggian air sekitar 20 centimeter, di Jalan Raden Saleh, ketinggian air sekitar 15 centimeter.

Kemudian di Jalan S Parman, ketinggian air lebih kurang 15 centimeter, Jalan Perintis Kemerdekaan, ketinggian air sekitar 15 centimeter. Kawasan lainnya seperti Jalan Koto Gadang, Bungus Timur, Pagambiran Mutiara, Kabun Jaya Kelurahan Bungo Pasang, Ulak Karang Utara, dekat BKKBN, Kompleks Bungo Mas juga digenangi air. Sampai tadi malam, Tim TRC BPBD Kota Padang masih berada di beberapa lokasi titik genangan air yang sudah mulai menyusut. (err/a)

Previous articleSeorang Warga Binaan Meninggal, Sejumlah Petugas dan Napi Diswab
Next articleCuri HP, Residivis Diringkus