Selain Gus AMI, Figur Andi Amran Bisa Duet dengan Puan dan Prabowo

42

Meski Pemilihan Presiden (Pilpres) baru akan digelar pada 2024, tapi nama para tokoh yang diunggulkan untuk maju sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres dan cawapres) mulai bermunculan.

Terbaru, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Selatan (Sulsel) memaketkan pasangan Gus AMI (Muhaimin Iskandar) dengan mantan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman pada Pilpres 2024.

Ketua PKB Sulawesi Selatan Azhar Arsyad mengungkapkan bahwa majunya Gus AMI menjadi calon presiden merupakan aspirasi yang terbangun dari bawah.

”Minggu ini kami pra-Muscab di 24 kabupaten/kota dan serentak kader PKB di tingkat desa merekomendasikan ketum Gus AMI untuk maju 01 RI,” ungkap Azhar dalam keterangan tertulisnya, Senin (1/3/2021) malam.

Menurut Azhar, Gus AMI yang dikenal sebagai agamais dan anak kyai harus didampingi wakil berlatar belakang nasionalis dan paham lika-liku kepentingan bangsa, baik itu dari sisi keamanan, politik maupun ekonomi.

”Saya kira, bapak mantan Menteri Pertanian Amran Sulaiman adalah orang yang tepat untuk mendampingi Gus AMI,” ucapnya.

Keinginan kader dari bawah itu, kata Azhar akan dituangkan menjadi rekomendasi untuk DPP dan DPW PKB Sulsel beserta seluruh kader yang akan mengawal pemenangannya hingga 2024.

Pengamat politik Mukhlis mengatakan, Gus AMI dan Amran Sulaiman sebagai tokoh repsentatif Indonesia Timur. Pasangan ini dinilai bisa menjadi paket ideal, agamis-nasionalis, menjadi paket Jawa dan Sulawesi.

Baca Juga:  Temui Kapolres, DPC Demokrat Mentawai Minta Perlindungan Hukum

“Prestasi Amran Sulaiman di kepemimpinannya berhasil mengantarkan Kementan meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) tiga kali berturut turut, menggenjot ekspor pertanian dan swasembada beras 2016-2017. Berbagai prestasi ini akan memudahkan konsolidasi paket ini,” jelas dan Direktur Akar Indonesia itu.

Dinilai Sangat Kuat
Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai mencuatnya nama mantan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman yang diduetkan dengan tokoh-tokoh lain dalam Pilpres 2024, tidak mengherankan. Apalagi figur Andi Amran Sulaiman dinilainya memang sangat kuat di Indonesia Timur.

Menurut Hendri, karena Andi Amran Sulaiman kuat di Indonesia Timur maka memang sebaiknya berpasangan dengan tokoh yang juga kuat di Indonesia Barat. Pasangannya juga bisa calon dari PDIP seperti Puan Maharani dan Budiman Sujatmiko.

“Kalau menurut saya, sangat tepat kalau Andi Amran Sulaiman berpasangan dengan jago-jago dari PDIP misalnya dengan Mbak Puan Maharani atau Budiman Sujatmiko. Itu akan menjadi pasangan yang kuat sekali,” kata Hendri, Rabu (3/3/2021).

Namun demikian, katanya, kalaupun memang dengan PDIP agak sulit. Idealnya figur Andi Amran Sulaiman bersanding dengan Prabowo.

“Ini karena Pak Prabowo selalu perlu jagoan dari timur Indonesia. Selama ini dia tidak pernah berpasangan dengan tokoh dari timur Indonesia, makanya selalu kalah. Mungkin saja bila berpasangan dengan jagoan dari timur Indonesia, saya rasa peluangnya besar,” ucapnya.(rel/idr)

Previous articleBPR Padang Kuning, Naikkan Aset, Kendalikan Biaya, Tumbuhkan Laba
Next articleWakil Gubernur Kaget! Ada Lubang Jepang di Convention Hall