RSUD Pariaman dan RSUD Rasidin Padang jadi RS Khusus Covid-19

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. (foto: dok.padek)

Pemprov Sumbar menjadikan dua rumah sakit daerah yakni RSUD Pariaman dan RSUD Dr Rasidin Padang, khusus untuk menangani pasien virus korona (Covid-19). Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit saat video conference dengan wartawan, Rabu siang (1/4).

Nasrul Abit mengatakan, sebelumnya berdasarkan rapat dengan forkompimda, ada beberapa pilihan rumah sakit yang akan dijadikan khusus menangani Covid-19. Di antaranya, RSUD Pariaman, RSUP Ahmad Mochtar, dan RSUD Solok.

“Kita harus mencarikan alternatif bila seandainya enam rumah sakit yang ditunjuk untuk menangani Covid-19 tidak sanggup lagi, keputusannya kita pakai RSUD Pariaman,” ungkap Nasrul Abit.

Selain RSUD Pariaman, sambungnya, Pemprov Sumbar juga menjadikan RSUD Dr Rasidin Padang sebagai rumah sakit khusus menangani Covid-19, berdasarkan usulan Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah.

“Jadi ada dua rumah sakit yang akan digunakan khusus untuk menangani pasien Covid-19. Untuk RSUD Pariaman totalnya 170 unit tempat tidur, yang RSUD Rasidin Padang 124 unit,” sebut Nasrul Abit.

Nasrul Abit menyatakan, dua rumah sakit ini sementara tidak bisa menerima pasien dari penyakit umum. “Pasien umum akan diarahkan untuk berobat ke rumah sakit daerah lainnya yang bukan khusus untuk menangani pasien Covid-19,” pungkas Nasrul Abit. (*)