Pemprov Sumbar Berpeluang Dapat Sekprov Terbaik, Ini Kata Pansel…

576

Panitia Seleksi (Pansel) Calon Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sumbar telah menuntaskan penerimaan lamaran pada Senin (31/5/2021).

Selanjutnya, pada Rabu (2/6/2021) ini, pansel melakukan seleksi administrasi dan mengumumkan siapa saja yang lulus administrasi.

Pada Kamis (3/6/2021), pansel akan langsung melakukan uji penulisan makalah terhadap peserta dan Jumat (4/6/2021) hasilnya langsung diumumkan.

“Jadi, kita lihat dulu seleksi administrasi dan yang lulus makalahnya. Delapan peringkat terbaik dapat lanjut ke tahap berikutnya,” ujar Ketua Pansel Calon Sekprov Sumbar Hamdani kepada Padang Ekspres, Senin (31/5/2021).

Kemudian, pada Senin (7/6/2021) yang lolos akan mengikuti assessment atau uji kompetensi di BKN Jakarta. Dilanjutkan tes kesehatan, kejiwaan dan bebas dari narkoba pada Senin (14/6/2021).

Pada Kamis (24/6/2021), hasil uji kompetensi diumumkan pansel. Esoknya (25/6/2021), presentasi dan wawancara. Tiga nama dengan nilai tertinggi diumumkan pada Senin (28/6/2021).

Menurut ketua pansel dari Kemendagri ini, seluruh peserta seleksi yang memenuhi syarat punya kesempatan yang sama. Bobot tertinggi dalam seleksi adalah presentasi dan wawancara 35%, kemudian ujian kompetensi 25%, penulisan naskah dan jejak rekam masing-masing 20%,” katanya.

β€œTim Pansel menyiapkan tiga nama calon untuk diserahkan kepada gubernur sebagai PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) untuk diteruskan ke KASN. Setelah adanya rekomendasi dari KASN, selanjutnya berkas diserahkan kepada Presiden melalui Mendagri,” ungkap pejabat yang pernah menjadi Penjabat Gubernur Bali dan Sumbar ini.

Menurut Hamdani, ada suatu hal yang menarik dari sisi jumlah dan pelamar yang ikut seleksi Sekprov kali ini. Pesertanya bervariasi. Ada yang sedang menjabat sekkab dan sekko aktif di pemerintah kabupaten dan kota, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan pejabat fungsional utama.

Baca Juga:  Nevi Zuairina Dorong UMKM Sumbar Go Internasional

Tahun 2018, pelamarnya hanya 7 orang dan lulus administrasi 6 orang. Sedangkan saat ini, pesertanya mencapai 15 orang.

Ke-15 pelamar tersebut adalah Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok Selatan Epfyandri, Sekkab Pasaman Barat Yudesmi, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemko Pariaman Indra Sakti, Sekko Payakumbuh Rida Ananda, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adub Alfikri, Kepala BPSDM Sumbar Jefrinal Arifin, Sekkab Sijunjung Zefnihan, Kepala Dinas Kehutanan Sumbar Yozarwardi Usama Putra, Kepala Bappeda Sumbar Hansastri, Kepala DPMPTSP Sumbar Maswar Dedi, Ahli Peneliti Madya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jamaludin Malik, Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Pemko Padang Medi Iswandi, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemko Padang Andri Yulika, Sekko Padang Amasrul, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar Erinaldi.

“Artinya, dari sisi input (pelamar yang mendaftar, red) Pemprov Sumbar berpeluang memperoleh sekprov terbaik,” ujarnya.

Menurut Hamdani, pihaknya bekerja profesional sesuai persyaratan yang ada dan sesuai aturan “Jadi, semua yang memenuhi syarat, punya peluang yang sama,” kata Staf Ahli Mendagri Bidang Ekonomi dan Pembangunan ini.(wni)

Previous articleSD IT Berkembang, Nevi Berpesan Tingkatkan Kualitas Pendidikan
Next articlePPKM Mikro Berlaku di Semua Provinsi