Sempat Waswas, Puas setelah Gubernur Bilang ”Lamak Bana”

30
Chef asal London Inggris Gordon Ramsay memasak rendang. (IST)

Ketenaran rendang masakan khas Minangkabau sebagai salah satu makanan terlezat di dunia tidak bisa dipungkiri. Bahkan, Chef Internasional asal Inggris, Gordon Ramsay datang langsung ke Sumbar untuk belajar memasak makanan rendang. Tak tanggung-tanggung, Gordon dimentori chef terkenal Indonesia, William Wongso.

Perjalanan Gordon Ramsay belajar membuat rendang dikisahkan dalam sebuah film Uncharted yang merupakan program film dokumenter dan ditayangkan oleh National Geographic, Senin (29/6) lalu.

Awal perjalanan Gordon Ramsay belajar membuat makanan rendang dimulai dari pertemuannya dengan William Wongso saat pelaksanaan pesta rakyat bajamba di Istana Pagaruyung. Gordon mencoba berbagai makanan tradisional Minangkabau seperti perkedel kentang, onde-onde, dan makanan tradisional lainnya. Namun, makanan yang paling membuat Gordon Ramsay penasaran adalah rendang daging.

Kemudian, William Wongso langsung menantang Gordon Ramsay untuk berkompetisi untuk membuat makanan rendang daging. Meskipun berkompetisi, William Wongso tetap memberikan tips dan petunjuk tentang bagaimana membuat rendang daging.

Perjalanan Gordon Ramsay pun dimulai untuk mencari bahan-bahan utama untuk membuat rendang daging. Perjalanan untuk menemukan bahan-bahan rendang daging tidak mudah untuk dilakukan. Saat ingin menemukan daging sapi terbaik, Gordon Ramsay harus mengikuti terlebih dahulu olahraga tradisional pacu jawi. Meskipun mengalami kegagalan sebagai joki pacu jawi, akhirnya Gordon Ramsay mampu menaklukkan tantangan pertama tersebut.

Berbagai pengalaman unik pun dialami Gordon Ramsay dalam menemukan bahan-bahan membuat rendang seperti harus mencoba buah durian dimana dirinya tidak suka bau durian, kemudian menangkap ikan di tengah laut, serta menemukan bahan rempah-rempah di pasar tradisional.

Pada hari pertarungan membuat makanan rendang daging, William Wongso tetap memberikan tips dan saran kepada Gordon Ramsay yang sempat mengalami kesulitan dalam memasak makanan tersebut.

Tekanan pun dirasakan oleh Gordon Ramsay ketika Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama keluarga datang langsung dalam kompetisi tersebut, di mana Gubernur Sumbar beserta keluarga ditunjuk sebagai juri dalam kompetisi membuat rendang daging tersebut.

Di tengah proses memasak rendang daging, William Wongso mengajak Gordon Ramsay untuk mencari dan mendapatkan “dadiah” yogurt tradisional khas Minangkabau yang terbuat dari susu kerbau. Proses pencarian dadiah itu sendiri tidak semudah yang diperkirakan. Gordon Ramsay dan William harus memerah terlebih dahulu susu kerbau. Kejadian unik sempat terjadi ketika Gordon Ramsay memerah susu kerbau di mana kerbau sempat mengeluarkan kotoran, sehingga Gordon Ramsay terkejut dan menjauhi kerbau.

Suasana tegang mulai terasa ketika Gordon Ramsay menyajikan rendang daging yang telah dia masak untuk dicicipi oleh gubernur Sumbar beserta keluarga. Namun ketegangan tersebut berakhir dengan perasaan lega takkala gubernur Sumbar beserta keluarga sangat menikmati makanan rendang daging buatan Gordon Ramsay. Bahkan, Gubernur Sumbar dan keluarga mengatakan bahwasanya rendang daging buatan Gordon Ramsay “lamak bana” atau sangat lezat.

“Lamak bana (sangat enak, red). Gurih dan terasa sekali citra rasanya,” ujar Irwan kepada Padang Ekpsres, kemarin (30/6). Irwan mengucapkan terima kasih kepada Gordon Ramsey yang datang ke Sumbar pada Januari 2020 lalu

“Terima kasih Ramsay yang telah datang ke Sumbar. Ini mempromosikan pariwisata sekaligus kuliner khas Sumbar, rendang,” ujar Irwan. Seiring tayangnya Uncharted di National Geographic pada Senin (29/6) lalu, sudah mempromosikan pariwisata dan kuliner Sumbar. “Silakan ke Sumbar. Buktikan pariwisata Sumbar yang indah dan kuliner enak-enak,” ajak Irwan.

Gordon Ramsay seperti dikutip dari The Jakarta Post mengaku puas atas perjalanannya kali ini. ”Kuliner Indonesia seringkali sulit diterjemahkan dan mereka tertutupi dengan pemandangan Indonesia yang menakjubkan,” ujar Ramsay.

Dia kagum akan banyaknya variasi rendang dan bagaimana semua varian tersebut dapat berkumpul menjadi satu. “Kami tidak punya hidangan seperti itu di Inggris. Kami punya Lancashire hotpot di utara, tapi kami tidak punya 20 versi berbeda,” pujinya.

Jadi Pancingan Program Berikutnya
Film dokumenter Uncharted Gordon Ramsay dengan bintang chef sendiri tayang di National Geographic TV Senin (29/6) pukul 09.00 dan 21.00. Chef legendaris Indonesia William Wongso ketika menyaksikan tayangan tersebut dan berdiskusi secara virtual dengan jajaran Pemkab Tanahdatar, mengaku puas. “Kita saksikan bersama, Sumbar alamnya bagus dan indah,” ucapnya singkat.

Chef berusia 73 tahun ini berharap, program National Geographic di Sumbar ini bisa menjadi pancingan untuk program-program berikutnya. “Yang penting dibenahi sekarang, bagaimana wisatawan datang merasa nyaman, rumah makan bersih dan lainnya,” pesannya.

Sementara Sekkab Tanahdatar, Irwandi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada National Geographic TV yang mempercayakan Tanahdatar sebagai salah satu lokasi syuting Uncharted Gordon Ramsay pada 19-22 Januari 2020 lalu.

Ketua TP PKK Ny Emi Irdinansyah juga menyampaikan terima kasih dipercayanya TP PKK Tanahdatar untuk arakan bajamba sekaligus makan bajamba di dalam Istano Basa Pagaruyung. ”Ini kebanggaan bersama bagi kami, khususnya PKK Tanahdatar. Mudah-mudahan ini bisa meningkatkan pariwisata Tanahdatar karena Istano Basa Pagaruyung andalan Tanahdatar dan ikon Sumbar,” tukas Emi. (Adetio Purtama & Nanda Anggara-Padang Ekspres)