Memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Gubernur Terbitkan Instruksi

53

Gubernur Sumatera Barat secara resmi menerbitkan instruksi kepada jajaran pemerintahan dan seluruh masyarakat di Sumbar untuk turut serta memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Selain menindaklanjuti surat Menteri Sekretaris Negara nomor : B-462/M/TU.00.04/06/2021, tanggal 22 Juni 2021 tentang partisipasi menyemarakan peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Mahyeldi juga menggunakan kesempatan ini untuk memantik kembali semangat masyarakat Sumatera Barat.

Ditemui di kediaman resmi Gubernur Sumatera Barat, Minggu (1/8/2021), Mahyeldi menyampaikan bahwa peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI kali ini  belum bisa dilaksanakan secara normal. Pasalnya, pandemi Covid-19 masih melanda hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Namun, hal ini bisa dijadikan momentum bagi rakyat Indonesia, khususnya Sumatera Barat untuk selalu mengadopsi semangat pejuang terdahulu dalam menghadapi berbagai rintangan.

“Setiap masa memiliki tantangan yang berbeda. Namun satu hal yang harus sama adalah semangat juang. Para pejuang kita dahulu mungkin tidak menghadapi apa yang kita hadapi sekarang, namun semangat juang mereka harus kita teruskan dalam menghadapi permasalahan kita saat ini,” ujar gubernur yang akrab dengan panggilan Buya ini.

Baca Juga:  Sukseskan Vaksinasi, Daerah Bentuk Timsus Percepatan Vaksinasi

Melalui Surat Gubernur nomor : 489/416/Adpim-2021, tentang Pedoman Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI, tanggal 30 Juni 2021, Buya Mahyeldi mengajak semua pemerintah daerah, instansi pemerintah dan swasta, tokoh masyarakat, ninik mamak dan alim ulama serta seluruh masyarakat Sumatera Barat untuk berpartisipasi memasang bendera merah putih, umbul-umbul serta baliho selama satu bulan penuh.

Selain itu, masyarakat diminta  menghentikan aktivitas selama 3 menit pada Selasa 17 Agustus 2021, mulai pukul 10.17 hingga 10.20, untuk mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang akan diputar melalui pengeras suara.

“Mari kita ambil momentum ini, untuk menambah semangat juang seluruh masyarakat menghadapi pandemi Covid-19. Insya Allah, momen ulang tahun kemerdekaan ini bisa jadi penyemangat kita semua berikhtiar dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Insya Allah kita akan berhasil melewati pandemi ini. Untuk Sumatera Barat, Indonesia, dan untuk merah putih!”, jelasnya.(rel)