Diving Proklamator UBH Gelar Diving dari Rumah

67

Diawali dengan pemutaran video aktivitas penyelaman dan eksplore pesona bawah laut Sumatera Barat, Unit Kegiatan Kemahasiswaan Diving Prokalamator Universitas Bung Hatta gelar pengenalan dunia bawah air secara virtual dengan aplikasi zoom, Sabtu (31/10-2020). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka rekrut anggota baru bagi mahasiswa Universitas Bung Hatta yang tertarik dengan dunia bawah air.

Diving secara virtual tersebut menampilkan berbagai kegiatan seperti, pendataan terumbu karang, transplantasi terumbu karang, aksi bersih sampah bawah laut, penanaman mangrove, upacara bawah laut, bahkan berbagai dokumentasi pendampingan dengan beberapa stasiun TV Nasional dalam mengeksplore keindahan bawah laut Sumatera Barat

Pembina UKM Diving Proklamator DR. Suparno dalam sambutannya menyebutkan bahwa, unit kegiatan selam di lingkungan Universitas Bung Hatta adalah salah satu UKM yang bertujuan menciptakan soft skill mahasiswa yang berguna untuk menunjang keahlian dan keterampilan mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa, baik di bidang penelitian, aktivitas perkuliahan ataupun dalam lapangan pekerjaan nantinya.

Kegiatan yang dikemas secara vitual tersebut dengan konsep serial diskusi mengambil tema “Membentuk organisasi dengan leadership dengan loyalitas yang tinggi terhadap alam bawah laut”, menghadirkan Mabruri Tanjung SH, mantan presiden mahasiswa Universitas Bung Hatta sekaligus Instruktur Selam Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI).

Baca Juga:  Andre Rosiade Bantu Keberangkatan Mahasiswa Asal Padang ke Mesir

“Dalam kondisi pandemik covid-19 ini, sementara kita dianjurkan agar berdiam di rumah, adanya teknologi internet dan online system, kita masih dapat melakukan kegiatan pengenalan diving dari rumah masing-masing, minimal dari sisi penambahan pengetahuan yang diperlukan,” ujar ketua pelaksana, Supi Rahmi.

Dalam pemaparannya Tanjung menyebutkan, kegiatan kursus diving biasanya dilakukan dengan 3 tahap, yaitu tahap pembelajaran teori yang berisikan pengetahuan yang diperlukan seorang diver, sesuai tingkatannya. Selain harus memiliki kemampuan pengetahuan yang baik dan memenuhi syarat, seorang calon diver atau diver yang ingin naik peringkat perlu mengasah kemampuannya di kolam renang.

Dijelaskan Tanjung, kegiatan di kolam renang ini dilakukan agar setiap diver dapat melakukan secara langsung semua SOP dan keahlian praktik sebelum melakukan kegiatan sebenarnya di laut terbuka. Langkah terakhir sebelum seorang diver mendapatkan lisensinya adalah melakukan uji kegiatan di laut terbuka.

“Di masa pandemik ini tentunya tidak menghalangi kita untuk terus belajar dan yang terpenting untuk terus menjaga kesehatan diri dan lingkungan selama belajar secara online,” imbuhnya. (*/IM)