BPTP Sumbar Gelar Publik Hearing 2021

9
SERIUS: Peserta Publik Hearing BTP Sumbar antusias mengikuti kegiatan tersebut.(IST)

BPTP Sumbar menggelar Publik Hearing 2021, Bertempat di Auditorium BPTP Sumatera Barat Sukarami. Kegiatan itu dihadiri stakeholders lingkup pertanian dan mitra sekitar Kabupaten Solok, Kota Solok serta perguruan tinggi di Sumbar secara online.

Kepala BPTP Sumbar Dr Rustam SP MSi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ombudsman RI Wilayah Sumbar, stakeholders yang hadir secara online dan offline, serta sebagai mitra kerja di lapangan.

Materi pertama disampaikan Subkoordinator Kerja Sama Pelayanan PengkajianĀ  BPTP Sumbar Heru Rahmoyo Erlangga STP MSi tentang Pelayanan Informasi Publik menyampaikan tentang enam layanan publik yang dilakukan BPTP Sumbar selama ini di antaranya; (1) Konsultasi, pengkajian dan pendampingan tentang teknologi pertanian.

Berikutnya, (2) Pelayanan benih UPBS; (3) Pelayanan Laboratorium Tanah; (4) Pelayanan Perpustakaan; (5) Pelayanan Taman Sain Pertanian; (6) Pelayanan Magang, PKL Siswa dan Mahasiswa, serta Pelatihan.

Materi berikutnya disampaikan Adel Wahidi, Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Perwakilan Sumbar yang memaparkan tentang penyusunan standar pelayanan publik mesti melibatkan masyarakat pengguna layanan.

Baca Juga:  Semen Padang Apresiasi Electrifying Lifestyle PLN

Adel juga menyampaikan terkait produk layanan, syarat pelayanan, mekanisme pelayanan serta waktu pelayanan. Selain itu, juga disarankan lembaga pelayanan publik menerima saran dan aduan guna bahan perbaikan layanan publik.

Selain itu, seharusnya dalam dua kali setahun melakukan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Adapun menurut Adel, layanan publik itu terdiri atas barang, jasa dan administrasi Pemaparan berikutnya disampaikan Dr Parlindungan, Yulianus Silitonga SP MP Analis Kebijakan Ahli Muda Subkoordinator Hukum dan Organisasi Balitbangtan Kementerian Pertanian memaparkan tentang pelayanan publik prima dan menyarankan semua dokumen administrasi pelayanan dan mekanisme pelayanan ditampilkan di website resmi BPTP Sumbar.

Dalam sesi tanya jawab ada beberapa pertanyaan dan masukan dari stakeholders tentang pemurnian Padi Sawah Cisokan, Padi Sawah Saganggam Panuah, pengembangan krisan, pelayanan magang dan konsultasi pemupukan berimbang.

Dalam sesi penutup, Dr Rustam SP MSi menyampaikan bahwa BPTP Sumbar dengan tangan terbuka menerima kunjungan dan konsultasi untuk kepentingan kesejahteraan petani. (rel)