TMMD ke-110 Padang Pariaman dan Kepulauan Mentawai Resmi Dibuka

19

Wakil Bupati Padang Pariaman bersama Dandim 0308/Pariaman membuka secara resmi
Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun 2021, di Kabupaten Padang Pariaman, yang ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan berita acara di di Hall IKK Kantor Bupati Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (2/3/2021).

Dalam kegiatan yang mengangkat tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” ini, juga dilakukan pemberian bantuan simbolis kepada perwakilan dari Nagari Silabutan, Kecamatan Lubuk Alung, sebagai lokasi diadakannya TMMD. Bantuan tersebut berasal dari kementerian, lembaga, dinas, instansi, lembaga dan BUMN yang ada di Sumbar. Tampak diantaranya PT. Semen Padang, Bulog dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumbar.

Dalam laporannya, Dandim 0308/Pariaman Letkol Czi. Titan Jatmiko menyampaikan, TMMD akan berlangsung selama 30 hari. Sasaran Fisik TMMD 110 ini diantaranya meliputi pembukaan jalan, pembuatan gorong-gorong, pembuatan jembatan, rehab rumah ibadah dan rehab rumah tidak layak huni. Termasuk juga pembuatan lapangan bola dan mortar saluran.

“Sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan, Kamtibmas, Hukum, Pertanian, Pelayanan KB, Kesehatan, Lingkungan Hidup, Kehutanan, Narkoba, dan Peternakan yang akan diisi oleh instansi terkait,” terang Titan.

Titan menambahkan, jumlah personel yang bertugas sebanyak 110 orang, berasal dari dari berbagai kesatuan dan 50 orang warga masyarakat.

Sementara, Wakil Bupati Padang Pariaman, Rahmang menyebutkan, TMMD ini merupakan wujud kemanunggalan antar berbagai pihak dalam membantu pemerintah daerah meningkatkan akselerasi pembangunan, dan peningkatan wawasan dan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan fisik dan non fisik.

Baca Juga:  Padang Bersama 14 Kabupaten/Kota, Tiadakan Shalat Ied di Masjid

“Melalui TMMD inilah salah satu cara kita merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong royongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan kita.
Terimakasih pada semua pihak yang telah mensukseskan, smoga hasilnya bisa melebihi target dan bermanfaat bagi masyarakat,” harap Rahmang.

Usai pembukaan, rombongan melakukan tinjauan ke lokasi TMMD, di Korong Lipek Pageh – Gamaran, Nagari Silabutan, Kecamatan Lubuk Alung.

Disaat yang sama juga dilaksanakan Pembukaan TMMD ke-110 di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Bertempat di Aula Kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, di Tuapejat. Dalam pembukaan tersebut juga dilakukan pembagian sembako secara simbolis dari Dinas Sosial Provinsi Sumbar ke Dansatgas dan selanjutnya diserahkan ke warga Mentawai yang berhak mendapatkan.

Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet dalam sambutannya mengatakan bahwa TMMD merupakan salah satu wujud operasi militer yang dilaksanakan melalui program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, lembaga pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah serta segenap lapisan masyarakat.

“Selaku pimpinan daerah Kabupaten Mentawai saya patut bersyukur karena tujuan dilaksanakannya operasi TMMD ini adalah untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun nonfisik dan memantapkan TNI dan rakyat dalam rangka Wujud Sinergi Membangun Negeri,” imbuh Yudas.(*)

Previous articleDi Hadapan Dewan, Bupati Beberkan 10 Misi dan 14 Program Prioritas
Next articleKemenparekraf Uji Kesiapan Destinasi MICE di Sumatera Barat