Gempa Magnitudo 5,7 Goyang Sumbar, Dirasakan Warga Cukup Lama

547

Gempa berkekuatan magnitudo 5,7 menggoyang sejumlah daerah di Sumbar, Senin (3/5/2021) dini hari.

Berdasarkan informasi BMKG, gempa terjadi pukul 00:46:41, berpusat di laut 35 km tenggara Tuapejat, ibu Kabupaten Kepulauan Mentawai, pada kedalaman 29 km.

Lokasi tersebut, berjarak sekitar 149 km BaratDaya Kabupaten Pesisir Selatan atau 187 km BaratDaya Kota Padang.

Wartawan Padang Ekspres di Tuapejat Mentawai, Arif Rahmad Dault melaporkan, goyangan gempa terasa cukup kencang dan lama.

“Alhamdulillah, sejauh ini dari pengamatan awal, kondisi aman. Petugas SAR dan BPBD terlihat langsung melakukan pemantauan. Info sementara, belum ada ditemukan bangunan rusak,” ungkap Arif, lima menit setelah gempa.

Gempa juga dirasakan banyak warga di Kota Padang. Seperti di Kompleks Permata Surau Gadang, Nanggalo. Beberapa keluarga yang baru tidur terbangun dan bergegas keluar rumah. “Gempa, gempa,” kata Syaf, seorang kepala keluarga membangunkan warga di kompleksnya.

Guncang Lampung

Sebelum di Sumbar, wilayah Lampung Barat diguncang gempa tektonik magnitudo 4,8 pada Minggu (2/5/2021) pukul 19.07.31 WIB. Episenter pada koordinat 6,15 LS dan 103,12 BT tepatnya di laut pada jarak 139 km arah Barat Daya Kota Krui, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung pada kedalaman 39 km.

Baca Juga:  PT Jamkrindo Santuni 1.000 Anak Yatim dan Bantu 5.100 Paket Sembako

“Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault). Gempa ini dirasakan di Lampung Barat dalam skala intensitas III MMI,” jelas Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono.(arf)

Previous articleKB Bukopin, Konsisten Lanjutkan Transformasi di New Normal
Next articleIni Pernyataan BMKG Terkait Gempa M5,7 yang Guncang Sumbar Dini Hari