Wagub Sumbar Salurkan Bantuan Disinfektan dan APD ke Mentawai

26
Wagub Sumbar Nasrul Abit menyerahkan bantuan APD kepada tenaga medis di Mentawai. (Foto: IST)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumbar terus mendistribusikan bantuan untuk pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

Kali ini, bantuan berupa disinfektan dan alat penyemprot disinfektan serta alat pelindung diri (APD) lengkap disalurkan ke Kabupaten Kepulauan Mentawai. Bantuan diserahkan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit.

Disinfektan dan APD sangat dibutuhkan di Mentawai karena jumlahnya terbatas. Apalagi kabupaten ini terdiri dari banyak pulau.

“Disinfektan tersebut nantinya akan didistribusikan ke desa-desa di kabupaten Mentawai agar seluruh tempat dan fasilitas publik di desa dapat disemprot dengan disinfektan,” ujar Nasrul Abit, Rabu (3/6/2020).

Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar Rumainur mengatakan, bantuan di Mentawai, selain disinfektan dan alat penyemprot, juga diserahkan bantuan berupa baju hasmat klas 3 premium, hasmat lokal, masker, sarung tangan dan sepatu boot.

“Bantuan ini sebelum sudah kita pesan dan disimpan di Pusdalops BPBD Sumbar,” imbuhnya.

Dalam kunjungan ke Mentawai, Nasrul Abit meninjau kesiapan penanganan Covid-19. Selain itu meninjau persiapan menuju new normal dan pihak sekolah maupun tenaga medis dalam implementasi era tatanan kehidupan normal baru.

Nasrul Abit mengingatkan warga Mentawai agar selalu menjaga diri supaya tidak tertular Covid-19.

Warga harus disiplin menjaga kesehatan, dan mematuhi aturan yang telah ditetapkan pemerintah, seperti keluar rumah pakai masker, rajin cuci tangan, berjemur, tetap menjaga jarak minimal 1 meter sampai 2 meter, dan perbanyak memakan buah-buahan dan sayur-sayuran supaya ketahanan tubuh kuat.(esg)