Bengkel Literasi Rakyat Sumbar Terima Anggota Baru

71

Bengkel Literasi Rakyat Sumbar lakukan rekrutmen untuk anggota baru, Angkatan VIII/2021. Rekrutmen dikhususkan untuk pelajar SMP, SMA/SMK/MA, dan mahasiswa.
“Periode sekarang, kami menerima angkatan delapan,” kata Redaktur Pelaksana Harian Umum Rakyat Sumbar Jon Kenedy, di Padang.

Bengkel Literasi Rakyat Sumbar merupakan wadah berhimpun bagi penulis pemula yang dimiliki Harian Umum Rakyat Sumbar. Pelatihan diberikan secara intensif. Selama bergabung dan mengikuti pelatihan, peserta tak dikenakan biaya.

Angkatan delapan merupakan angkatan lanjutan dari sebelumnya. Sejak Bengkel Literasi Rakyat Sumbar berdiri, 2011, sudah memiliki tujuh angkatan.

Pelatihan dilakukan secara Daring, setiap Sabtu. Sekali pertemuan dua jam, “di luar jadwal tersebut, peserta masih diberi kesempatan bertanya dan berdiskusi dengan instruktur,” katanya.

Metoda pendidikan dan pelatihan dikemas berbeda dibandingkan dengan pelatihan yang pernah ada sebelumnya. Ada dua kelas yang dibuka dan ada dua tingkatan untuk peserta pelatihan dan pendidikan tersebut.

Langkah pertama, Kelas Gabungan. Semua peserta akan digabungkan dalam satu kelas yang sama, sehingga sejumlah sekolah bergabung dalam satu kelas yang sama.

Kedua, Kelas Khusus. Peserta berasal dari satu sekolah yang sama. Tidak dicampur dengan siswa sekolah lain. Tergantung permintaan sekolah.

Di dua kelas dan kedua tingkatan, kata Jon Kenedy, peserta akan memperoleh bekal dari narasumber yang sudah terpercaya. Tak hanya dari internal tim redaksi Harian Umum Rakyat Sumbar, tetapi juga menghadirkan tokoh-tokoh dan pegiat literasi yang mumpuni di bidangnya. Pendaftaran bisa menghubungi Putra, HP 082389541887.

Baca Juga:  SPSI Serbu Gedung DPRD Sumbar, Tuntut Cabut UU Omnibuslaw Cipta Kerja

Jon Kenedy juga menyebutkan, pada tahun ajaran ini, lima orang binaan Bengkel Literasi Rakyat Sumbar menamatkan SMA/MA. Semuanya diterima di perguruan tinggi favorit di Sumbar dan Jawa.

Kelima siswa binaan tersebut; Septi Herda Yonia (SMAN 1 Lubuksikaping Kabupaten Pasaman) diterima di Penjaskesrek FIK Universita Negeri Padang (UNP) melalui jalur SNMPTN, Suci Ramadani (SMAN 5 Padang) diterima di Sastra Indonesia FIB Universitas Andalas (Unand) melalui jalur SNMPTN.

Zhilan Zhalila Permata Firli (SMAN 3 Padang) diterima di Sastra Indonesia FIB Universitas Andalas (Unand) melalui jalur SBMPTN, Asiyah Agustin (SMAN 2 Sijunjung) diterima di Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Padang (UNP) melalui jalur SNMPTN dan Alifia Cantika Nurahmah (SMAN 1 Padang) diterima di Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Dalam pembinaan, dibekali dengan menulis kreatif dan menulis berita, seputar aktivitas sekolah mereka masing-masing yang akan dimuat di halaman Bengkel Literasi setiap edisi Sabtu-Minggu,” sebut Jon Kenedy. (cr4)