Danrem 032 Wirabraja Berharap TMMD Tahun 2021 Ini Bisa Over Prestasi

Danrem 032 Wirabraja/Padang berharap pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2021 di Sumatera Barat (Sumbar) bisa over prestasi. Hal ini disampaikan Kasitel Kol.Kav Husnizon saat dihubungi, Kamis (4/2/2021).

Dikatakan Husnizon lebih lanjut bahwa, tujuan akhir pelaksanaan kegiatan TMMD di internal TNI ini adalah terciptanya kemanunggalan TNI dan rakyat. Artinya pekerjaan dilakukan secara bergotong royong antara TNI bersama masyarakat, termasuk partisipasi dari dinas/intansi terkait.

“Karena kami berasal dari rakyat, berjuang untuk rakyat, dan kembali pada rakyat. Jadi harapannya memang seperti itu, karena sasaran fisik dalam TMMD ini dikerjakan secara gotong royong, kita berharap Dandim bisa over prestasi,” ujar Husnizon.

“Kalau pelaksanaan pembangunan jalan misalnya target 5 km kemudian hasilnya 5 km itu sudah hal yang biasa. Namun sebaliknya jika bisa dilaksanakan hingga 6-7 km, itu yang namanya over prestasi,” jelas Husnizon.

Hal tersebut menurutnya membutuhkan strategi tersendiri bagi Komandan Kodim (Dandim) untuk berkoordinasi intens dengan pemkab setempat ataupun dinas terkait lainnya bahkan partisipasi masyarakat. Tak lupa ia mengajak sinergitas pihak terkait dalam pelaksanaan TMMD 2021 ini. Tidak hanya dinas provinsi tapi juga Kabupaten/kota, agar berperan penuh dalam kegiatan TMMD.

Melalui pesan singkatnya, Komandan Kodim (Dandim) 0319 Mentawai Letkol Czi Bagus Mardiyanto menyatakan siap melakukan yang terbaik pada TMMD ke-110 yang dipusatkan di Sipora Utara, Kepulauan Mentawai awal Maret mendatang.

Baca Juga:  Masjid Raya Sumbar Buka Program Tahfidz Quran dengan Guru Berkompeten

“Kami berupaya semaksimal mungkin untuk mengefisienkan pekerjaan sehingga dapat diraih over prestasi. Semua tergantung kondisi dilapangan semoga cuaca mendukung,” harap Bagus.

Senada dengan itu, Dandim 0308/Pariaman Letkol Czi Titan Jatmiko mengatakan, dengan segala potensi dan dukungan yang ada, Satgas TMMD 110 Dim 0308/Pariaman akan berupaya semaksimal mungkin agar dapat melaksanakan TMMD sesuai dengan harapan.

“Dari hasil survey yang telah kami laksanakan bersama instansi dan pihak terkait, insya Allah kami akan berupaya agar Sasaran Fisik yang telah ditentukan dapat diselesaikan tepat waktu. Dan kita akan me-manage segala sumber daya yang ada agar bisa mengerjakan sasaran fisik lain yg mempunyai manfaat bagi masyarakat tentunya dengan tetap berpedoman pada waktu dan anggaran yang telah ditentukan,” terang Titan.

Seperti diketahui, untuk Sumatera Barat, pada Tahun 2021 ini ada 5 kabupaten/Kota yang akan melaksanakan kegiatan TMMD yang terbagi dalam tiga kali pelaksanaan TMMD, yaitu Kabupaten Mentawai dan kabupaten Padang Pariaman pada TMMD ke-110 di Bulan Maret. Selanjutnya Kabupaten Lima Puluh Kota pada TMMD ke-111 di Bulan Juni. Dan, terakhir Kabupaten Solok dan Kabupaten Agam, pada TMMD ke-112, September mendatang.(*)