Penas Tani Nelayan 34 Provinsi dengan 50 Ribu Peserta Dibatalkan

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. (foto: idr)

Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas-KTNA) XVI, salah satu iven nasional yang rencananya digelar di Sumbar pada 20-25 Juni 2020, diikuti 34 provinsi dengan peserta 50 ribu orang, dibatalkan karena pandemi virus korona (Covid-19).

“Ya, ada beberapa iven nasional yang rencananya digelar di Sumbar terancam batal akibat Covid-19 ini. Salah satunya Penas KTNA XVI 2020 pada Juni mendatang,” jelas Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit saat wawancara lewat daring bersama awak media, Sabtu (4/4).

Nasrul menyampaikan, beberapa waktu lalu ada surat dari Kementerian Pertanian (Kementan) yang isinya ditiadakan kegiatan Penas KTNA XVI di Sumbar akibat Covid-19.

Namun dia menjelaskan, kegiatan Penas KTNA XVI 2020 mendatang tetap bisa dilakukan, tapi dalam skala kecil dengan tidak mengundang peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.

“Jadi ada beberapa komoditi tanaman yang telah ditanam di lokasi Iven Penas KTNA. Sebenarnya akan dipanen pada hari penyelenggaraan. Tapi tetap akan kita lakukan kegiatan panen, namun dalam cara sederhana dan dengan tetap menjaga jarak fisik,” ungkapnya.

Sementara, untuk kedatangan peserta Penas KTNA XVI 2020 yang diperkirakan berjumlah 50 ribu orang dari seluruh Indonesia, katanya dibatalkan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Acara Penas KTNA XVI secara menyeluruh dibatalkan, dan diganti dengan seremonial sederhana saja. Kita fokus berperang melawan virus Covid-19 ini,” tegasnya.(adk)