Kondisi Terkini Mentawai setelah Diguncang Gempa 5,8 Magnitudo

427

Kondisi terkini masyarakat di Kabupaten Kepulauan Mentawai setelah diguncang gempa 5,8 magnitudo pukul 14:32:54, dilaporkan aman dan kondusif.

Hal itu diungkapkan Kepala Basarnas Mentawai Akmal, di GWA Kawal Covid-19 Sumbar, Jumat (5/3/2021) sore.

Menurutnya, ketika gempa yang juga dirasakan sebagian masyarakat Kota Padang dan terjadi di 54 km Barat Laut Mentawai pada kedalaman 24 Km itu, masyarakat sempat keluar rumah.

“Alhamdulillah, sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa. Gempa di rasakan di Km 9 Tuapejat sekitar III skala MMI,” ujar Akmal seraya memposting video kondisi terkini di Pelabuhan Tuapejat Mentawai.

Untuk masyarakat yang tinggal dekat kawasan episentrum gempa, kata Akmal juga sudah dihubungi pihaknya dan menyatakan aman. “Kita sudah hubungi masyarakat di sana, aman. Masyarakat sempat keluar rumah,” imbuhnya.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Mentawai, Novriadi ketika dikonfirmasi menyebutkan pihaknya hingga saat ini masih mengumpulkan informasi kondisi masyarakat di seluruh wilayah Kepulauan Mentawai.

“Hasil dari pantauan di lapangan situasi dan kondisi masyarakat saat ini masih terkendali. Saat ini, kita masih mengumpulkan data dari lapangan,” ungkapnya.

Baca Juga:  81 PTS LLDIKTI Wilayah X Terima Hibah Penelitian Tahun 2021

Menurut BMKG, selain dirasakan III-IV MMI di Kota Padang, gempa tersebut dirasakan  III-IV MMI Painan Pesisir Selatan, III-IV MMI di Pariaman, II-III MMI di Agam, II-III MMI di  Bukitinggi, II-III MMI di Padangpanjang dan II MMI di Payakumbuh.(esg/rif)

Previous articleGempa 5,8 Magnitudo Berada di Zona Megathrust Mentawai
Next articleTP PKK Dharmasraya Sabet Juara I Dasawisma Beprestasi Tingkat Sumbar