Prof. Herri Serahkan SK Penetapan Badan Penyelenggara STKIP Sumbar

10

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA didampingi Sekretaris Lembaga Yandri. A, SH, MH di ruang sidang lantai 2, Kamis (4/3/2021), menyerahkan Surat Keputusan (SK) Mendikbud tentang penetapan badan penyelenggara Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sumatera Barat kepada Ketua Badan Pelaksana Harian STKIP PGRI Sumatera Barat.

Turut hadir pada penyerahan SK tersebut Ketua PGRI Sumatera Barat Darmalis, Sekretaris BPH Nurhadi, Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat Prof. Dr. Ansofino, Wakil Ketua III Dr. Jarudin, Kasubbag Kemahasiswaan Zulfajri serta Sub Koordinator Kelembagaan LLDIKTI Wilayah X Tetri Aida, S.Kom, MM.

Disebutkan dalam SK tersebut bahwa Mendikbud menetapkan Perkumpulan Persatuan Guru Republik Indonesia sebagai badan penyelenggara Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat.

Hal ini disampaikan Kepala Lembaga saat penyerahan SK penetapan badan penyelenggara STKIP PGRI Sumatera Barat yang disaksikan secara daring oleh Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd.

Dalam sambutannya Prof. Unifah menyebutkan bahwa, PGRI secara nasional tidak hanya bergerak di bidang pendidikan dasar dan menengah, tetapi juga aktif di pendidikan tinggi sebagai alat perjuangan bagi masa depan bangsa melalui anak didik kita.

“Sebagai orang tua, saya mengingatkan bahwa jatuh bangun dalam sebuah organisasi merupakan hal biasa. Namun, prinsip memajukan pendidikan tinggi dengan tata kelola kelembagaan menjadi good university governance tetap menjadi pegangan. Buktikan kepada masyarakat bahwa kita mampu menyelenggarakan pendidikan yang bermutu,” ucap Ketua Umum PB PGRI.

Selanjutnya ia mengatakan agar LLDIKTI Wilayah X terus melakukan pembinaan di bidang mutu, mendorong terwujudnya kerja sama serta memfasilitasi STKIP PGRI Sumatera Barat dalam upaya perubahan bentuk menjadi universitas.

Baca Juga:  Petani Minta Peran Pemerintah, Tetapkan Standar Harga Sawit

Senada dengan itu, Ketua BPH STKIP PGRI Sumatera Barat, Dasrizal mengucapkan terima kasih kepada LLDIKTI Wilayah X atas bantuan dan kerja sama yang baik yang sudah terjalin dalam membangun mutu.

“Terima kasih atas bantuan LLDIKTI Wilayah X. Kritikan maupun saran menjadi catatan kami dalam upaya membangun budaya mutu di STKIP PGRI Sumatera Barat,” ucap Dasrizal.

Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat Prof. Dr. Ansofino menjelaskan bahwa 7 program studi pada April 2021 akan reakreditasi. Nilai akreditasinya sudah baik sekali dengan bobot nilai mendekati akreditasi unggul. Selain itu, 2 program studi baru STKIP PGRI Sumatera Barat akan divisitasi BAN-PT dan 1 program studi sedang menunggu penilaian BAN-PT.

“7 prodi sudah terakreditasi baik sekali dengan skor mendekati bobot penilaian akreditasi unggul atau A. 2 prodi baru akan dikunjungi BAN-PT dalam waktu dekat untuk proses akreditasi dan 1 prodi menunggu penilaian. Ini menjadi salah satu poin unggulan dalam pengajuan perubahan bentuk STKIP PGRI Sumatera Barat menjadi univeritas,” terang Prof. Ansofino.

Lebih lanjut Prof. Ansofino mengatakan, pengembangan sistem pembelajaran online terus dikembangkan dan dilaksanakan secara optimal serta peningkatan kinerja dosen di bidang penelitian.

“Mohon dukungan LLDIKTI Wilayah X dan Ketua Umum PB PGRI kepada STKIP PGRI Sumatera Barat untuk terus membangun budaya mutu, menciptakan good university governance serta membangun kapital sosial di STKIP PGRI Sumatera Barat,” tutup Prof. Ansofino.(*)