Pasien Covid-19 di Sumbar Tambah 13, Satu Pasien Meninggal

257
Ilustrasi sampel pasien positif Covid-19. (foto: IST)

Pasien baru yang positif terinfeksi virus korona (Covid-19) di Sumbar bertambah sebanyak 13 orang yang semuanya dari klaster Pasar Raya Padang. Selain itu, pasien meninggal bertambah satu orang.

Hal tersebut terungkap berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi dibawah pimpinan Dr. dr. Andani Eka Putra, Jumat (5/6).

“Berdasarkan 708 spesimen yang diterima dan diperiksa laboratorium, terkonfirmasi tambahan warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19 sebanyak 13 orang dan semuanya dari klaster Pasar Raya Padang,” ujar Jubir Penanganan Covid-19 Jasman Rizal.

Dengan adanya tambahan pasien baru tersebut, maka warga Sumbar yang telah terkonfirmasi positif sampai hari ini sebanyak 607 orang.

Sedangkan pasien yang sembuh sebanyak enam orang sehingga totalnya menjadi 318 orang atau 52,4%. “Ini persentase kesembuhan tertinggi secara nasional,” ujarnya.

Di samping itu juga ada tambahan satu pasien positif yang dirawat di RS Yos Sudarso meninggal dunia.

“Almarhum merupakan warga Kota Padang berusia 78 tahun yang memiliki sakit bawaan diabetes. Sehingga total warga Sumbar terpapar Covid-19 yang meninggal dunia sebanyak 26 orang atau 4,28%,” jelas Jasman.

Sementara pasien positif yang masih dirawat di berbagai rumah sakit, isolasi mandiri di rumah, masih menunggu kesembuhan dan lainnya sebanyak 263 orang atau 43,32%. (esg)