17 Pasien Baru Tersebar di Agam, Payakumbuh, Padang dan Solsel

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal. (Foto: IST)

Pasien positif Covid-19 di Sumbar bertambah sebanyak 17 orang. Pasien tersebar di Kabupaten Agam, Solok Selatan, Kota Payakumbuh dan Padang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal mengatakan hari ini (6/5/2020) terjadi penambahan 17 orang lagi warga Sumbar terinfeksi Covid-19 sehingga totalnya menjadi 238 orang

Dari 17 orang itu, lima orang di antaranya tenaga kesehatan dari Puskesmas Baso, Kabupaten Agam. Lima tenaga kesehatan tersebut semuanya berjenis kelamin perempuan.

Terdiri dari tiga orang petugas pengambil sampel swab dan petugas kesehatan di posko perbatasan, dan berasal dari Tabek Panjang.

Kemudian, dua tenaga kesehatan lainnya adalah satu orang berasal dari Lubuk Basung dan satu orang dari Ampang Gadang.

“Semuanya sekarang melakukan isolasi mandiri di rumah, karena termasuk kategori ringan dan tetap dibawah pengawasan ketat tim kesehatan,” jelasnya.

Jasman menambahkan, selain lima tenaga kesehatan asal Agam, penambahan kasus pasien positif Covid-19 juga terjadi di Kota Payakumbuh sebanyak tiga orang.

Tiga orang tersebut terdiri dari dua orang dari Balai Nan Duo, dan satu orang dari Lampasi Tigo Nagari.

Mereka terkonfirmasi positif berdasarkan dari hasil tracing kontak dengan pasien sebelumnya yang telah dinyatakan positif.

Lebih lanjut Jasman mengatakan, Kabupaten Solok Selatan (Solsel) juga mengonfirmasi kasus pertama di wilayah mereka, yaitu berjumlah sebanyak tiga orang. Semuanya beralamat di Pakan Rabaa, Muaralabuh Kabupaten Solsel.

“Mereka satu keluarga yang terdiri dari seorang ASN berusia 55 tahun, anaknya laki-laki berusia 18, dan orangtua berusia 80 tahun,” ungkapnya.

Dua dari tiga pasien positif Covid-19 saat ini isolasi mandiri di rumah, sementara wanita berusia 80 tahun tersebut dirujuk ke Semen Padang Hospital (SPH) untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Kemudian kata Jasman, Kota Padang masih ditemukan kasus positif Covid-19 yaitu sebanyak enam kasus baru. Enam kasus positif Covid-19 baru tersebut merupakan hasil tracking, di antaranya kluster Pasar Raya Padang dan Pegambiran.

Berdasarkan data Sumbar Tanggap Corona, tercatat sebanyak 238 kasus positif Covid-19 yang yang terdiri dari 98 orang dirawat di RS, 61 orang isolasi mandiri di rumah, 13 orang isolasi di Bapelkes, 12 isolasi di BPSDM, 38 orang sembuh, dan 16 meninggal dunia.
(esg)