Daftar ke KPU, Fakhrizal-Genius Siapkan Satu Miliar Satu Kecamatan

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar yang diusung Koalisi Poros Baru (Partai Golkar, Nasdem dan PKB) , Irjen Pol Fakhrizal dan Genius Umar resmi mendaftar ke KPU Sumbar, Jalan Pramuka Padang, Minggu (6/9/2020).

Jenderal polisi bintang dua dan wali kota Pariaman itu diantar langsung ratusan relawan dan kader partai pengusung yang tergabung di Poros Baru dan PBB.

Pasangan calon yang mencanangkan program satu miliar satu kecamatan dan  satu warga miskin satu sarjana itu diterima Ketua KPU Sumbar bersama para komisioner dan staf sekretariat.

Tampak hadir Ketua DPW Nasdem Sumbar Hendrajoni dan Sekretaris Nasdem Musmaizer Dt Gamuak, Ketua DPW PKB Sumbar Febbt Dt Bangso dan Sekretaris Firdaus serta Sekretaris DPD Golkar Sumbar Desra Ediwan dan anggota DPR RI Fraksi Golkar Darul Siska.

Fakhrizal mengatakan dirinya bersama Genius Umar maju pilkada setelah menerima amanah dan aspirasi dari masyarakat sejak menjabat Kapolda Sumbar. Masyarakat yang menginginkan perubahan di segala bidang, khususnya bidang ekonomi, pariwisata serta pelayanan publik.

Apalagi saat ini daerah dan bangsa tengah menghadapi pandemi Covid-19 yang berujung pada turunnya daya beli masyarakat serta meningkatnya pengangguran dan kemiskinan.

“Jadi, kita semuanya harus bersatu, bekerja keras untuk Sumbar maju. Mengatasi semua persoalan tersebut,” ujar Fakhrizal.

Mantan Kapolda Kalteng dan Sumbar itu, juga mengungkapkan dirinya memilih Genius sebagai cawagub karena orangnya santun, cerdas sesuai namanya serta memiliki banyak inovasi dalam membangun daerah. Hal itu bisa dilihat dari kemajuan yang dicapai ketika menjabat wakil wali kota hingga kini menjabat wali kota Pariaman.

Baca Juga:  Erman: Wujudkan Pilkada Sehat di Tanahdatar, ASN Harus Netral

“Sejak awal saya dan Genius Umar sudah sejalan dan sepakat untuk bersama-sama membangun Sumatera Barat demi kepentingan masyarakat. Masyarakat menginginkan perubahan dalam tatanan peningkatan perekonomian dan pelayanan publik,” ujar Fakhrizal.

Menurut Fakhrizal, ada 17 program prioritas yang akan direalisasikannya bersama Genius Umar ketika diberi amanah memimpin Sumbar dalam Pilkada 9 Desember nanti. Di antaranya menggelontorkan anggaran satu miliar satu kecamatan untuk percepatan pembangunan, menyediakan satu rumah warga miskin satu sarjana serta memberikan honorer bagi garin masjid dan mushalla dari APBD.

Sementara itu, Genius Umar mengatakan, dirinya mau berdampingan dan berpasangan dengan Fakhrizal karena sosok ninik-mamak dan kebapakan serta mampu berkomunikasi dengan baik bersama semua kalangan tanpa batas jabatan.

Situasi kondusif ketika menjabat Kapolda Sumbar karena terjalin baik komunikasi dan sinergi dengan kalangan tokoh masyarakat, adat, alim ulama, caliak pandai dan komponen anak muda.

“Pak Fakhrizal itu sosok pemimpin ninik-mamak, tidak bermasalah, dekat dengan semua kalangan, serta tidak memilih untuk berteman dan bersaudara. Intinya beliau sosok bapak yang bisa mengayomi siapa saja,” kata Genius. (idr)