Rifa Mutiara, Wakili Sumbar Pemilihan Duta Pariwisata Nasional

76
RIFA MUTIARA Duta Pariwisata Sumbar.(IST)

Prestasi membanggakan diraih oleh Rifa Mutiara. Gadis cantik yang saat ini duduk di kelas XII IPA I SMA Adabiah Padang itu berhasil menjadi Duta Pariwisata Sumbar dan akan mewakili Provinsi Sumbar di pemilihan Duta Pariwisata Indonesia tingkat nasional tahun 2021.

Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia tingkat nasional tahun 2021 tersebut diselenggarakan oleh Yayasan Abhyya Parama Mavendra yang telah dimulai dari bulan Agustus sampai November 2021 mendatang. Acara puncaknya sendiri bakal digelar di Provinsi Bali.

Kepada Padang Ekspres, kemarin (7/10) Rifa menceritakan, awal mengikuti pemilihan duta pariwisata dimulai saat dirinya didaftarkan oleh model agency tempat dirinya berlatih yakni Rotch Entertainment.

“Jadi pada bulan April 2021 lalu itu Rotch Entertainment memilih saya untuk didaftarkan pada pemilihan duta pariwisata tingkat Sumbar, pendaftaran saat itu dilakukan dengan sistem online dengan melampirkan profil atau CV, lalu foto,” jelasnya.

Setelah mendaftar, kemudian anak kelima dari lima bersaudara tersebut dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya pemilihan duta pariwisata tingkat Sumbar. Pada tahap tersebut dirinya diuji dengan serangkaian tes.

Serangkaian tes yang dilalui di antaranya uji pengetahuan umum, tinggi badan, profil, serta pengetahuan tentang dunia pariwisata di Provinsi Sumbar. Dari serangkaian ujian itu akhirnya Rifa terpilih menjadi perwakilan Sumbar di ajang pemilihan duta pariwisata tingkat nasional.

“Yang terpilih sebagai perwakilan Sumbar di duta pariwisata tingkat nasional itu ada dua orang yakni pria dan wanita dari 50 peserta yang ikut. Namun dalam penilaian akan dinilai pribadi masing-masing,” ungkap gadis yang memiliki hobi modelling itu.

Sebelumnya alasan Rifa mengikuti ajang pemilihan duta pariwisata adalah karena dirinya ingin menunjukkan kepada semua orang bahwasanya destinasi wisata di Provinsi Sumbar memiliki potensi yang besar dan menjanjikan yang tidak kalah dengan provinsi lainnya.

“Selain itu banyak destinasi wisata baru di Provinsi Sumbar yang belum banyak terekspos dan diketahui banyak orang padahal destinasi wisata tersebut sangat menjanjikan maka dari itu saya ingin perkenalkan itu,” ujarnya.

Lebih lanjut Rifa menyampaikan, setelah terpilih menjadi perwakilan Sumbar, dirinya melakukan beberapa persiapan untuk mengikuti pemilihan duta pariwisata tingkat nasional yang diselenggarakan di Provinsi Bali.

Baca Juga:  193 Pemakalah-10 Keynote Speaker Sharing di CITES 2022 

Dijelaskan, tahapan yang harus dilewati yakni dimulai dari pra karantina 1 yang telah dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus. Dalam pra karantina itu, peserta wajib mengirimkan foto individu background hitam yang menggunakan busana yang ditentukan.

Kemudian, pra karantina 2 yang dilaksanakan pada tanggal 30 September lalu meminta seluruh peserta mengirimkan 1 buah video aksi nyata dengan tema “Peran Duta Pariwisata Untuk Meningkatkan Minat Generasi Muda di Daerah untuk sadar wisata dan berkontribusi dalam peningkatan minat wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata di daerah”.

Pada pra karantina 2 tersebut, Rifa mengirimkan video tentang sejumlah destinasi wisata di Sumbar seperti Kampung Sarugo, Rumah Gadang Saribu Gonjong, Kapalo Banda, Janjang Seribu, Lobang Jepang, Long Park, dan lainnya.

Selanjutnya, pra karantina 3 yang direncanakan pada tanggal 31 Oktober, peserta diminta mengumpulkan sebuah artikel pariwisata tentang salah satu objek wisata di daerah yang kurang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Riset harus menghasilkan sebuah solusi.

Rifa menambahkan, malam puncak pemilihan duta pariwisata tingkat nasional diselenggarakan pada bulan November. Dalam rangkaian acara puncak tersebut peserta akan diuji dengan pengetahuan umum dan dunia pariwisata.

Lalu, para peserta diminta untuk mempresentasikan destinasi-destinasi wisata di daerah masing-masing sesuai dengan video yang telah dikirimkan pada tahapan pra karantina 2 sebelumnya. Setelah itu baru peserta untuk menampilkan bakat yang dimiliki.

”Rencananya nanti Rifa akan menampilkan bakat yakni menari tarian piring yang menjadi ikon dari Provinsi Sumbar,” jelas Rifa.

Terakhir Rifa berharap pada pemilihan duta pariwisata tingkat nasional di Bali tersebut bisa meraih hasil maksimal sehingga bisa membanggakan kedua orangtua dan Provinsi Sumbar. Selain itu tujuan untuk mempromosikan destinasi wisata di Sumbar bisa berhasil.

Sementara itu orangtua Rifa, Syahdini mengatakan, dengan pencapaian yang diraih oleh anaknya tersebut merupakan sebuah kebanggaan bagi dirinya sebagai orangtua. Ia sendiri sangat mendukung kegiatan positif yang dijalani oleh anaknya tersebut. (adt)